Selasa, 26 Mar 2019 12:39 WIB

Sekolah Mengemudi di Mata Polisi

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi sekolah mengemudi. Foto: iStock / Rocketnews
Jakarta - Dalam belajar mengendarai mobil, bisa dilakukan secara otodidak (belajar sendiri) maupun melalui pelatihan intensif di sekolah mengemudi. Adanya sekolah mengemudi ternyata juga dipandang penting oleh pihak Kepolisian selaku pihak yang berwenang menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Menurut Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman, belajar mengendarai di sekolah mengemudi hasilnya akan maksimal. Sebab di sekolah yang terakreditasi tidak hanya diajarkan teknis mengendarai mobil, melainkan juga perilaku berkendara yang aman.



"Sekolah mengemudi sangat membantu ya. Kalau yang mengajarkan adalah profesional tentunya hasil latihannya akan baik," ujar Hery ditemui detikcom di kantornya, di Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Menurut Hery, sekolah mengemudi yang baik harus memiliki kurikulum, memiliki standar dari BAN PNF dan dari BNSP. "Jika sesorang tersebut mendapatkan kompetensi dari sekolah mengemudi yang terakreditasi, standar keamanan dalam mengendarai sebuah mobil itu tentunya sudah dia miliki," lanjut Hery.



Pihak Kepolisian juga mengaku terus memantau perkembangan sekolah mengemudi. "Bimbingan ke sekolah mengemudi itu ada. Kami lakukan pendampingan. Jadi dari Satlantas jajaran itu selalu pendekatan ke sekolah mengemudi. Sehingga mungkin rekan-rekan di jalan bisa melihat sekolah mengemudi sekarang dengan dulu kan sekarang berangsur membaik," yakinnya.

Sayangnya, untuk saat ini belum cukup banyak sekolah mengemudi di Indonesia yang berdiri dengan standar akreditasi dari BAN PNF dan BNSP. "Belum banyak, jangankan setiap Kabupaten, tidak setiap Provinsi ada sekolah mengemudi yang terakreditasi," kata Hery.

"Kami saat ini memang sedang mengimbau kepada para Dirlantas, para Kasatlantas untuk mengajak sekolah mengemudi yang ada di jajarannya untuk ikuti aturan yang ada. Segera ajukan akreditasi," pungkasnya. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com