Senin, 18 Mar 2019 17:49 WIB

Punya Gaji Rp 4 Juta, Jangan Ngotot Beli Mobil Cuma buat Gaya

Luthfi Anshori - detikOto
Showroom mobil bekas di Bekasi. Foto: Luthfi Anshori Showroom mobil bekas di Bekasi. Foto: Luthfi Anshori
Bekasi - Meski trafik lalu lintas di Jabodetabek sudah sangat padat, masih banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada kendaraan pribadi seperti mobil.

Jika memang kebutuhan terhadap mobil pribadi sangat mendesak dan tidak bisa tidak, itu sah-sah saja. Tapi jika membeli mobil hanya untuk gengsi atau gaya, lebih baik pertimbangkan lagi.

Contoh dalam kasus kredit mobil bekas, jangan sampai konsumen memaksakan kredit mobil bekas dengan uang muka kecil dan angsuran yang besar. Khususnya bagi orang dengan gaji Rp 4 jutaan per bulan.



"Jangan sampai customer maksain. DP minim tapi pengin mobil tahun muda yang harganya masih tinggi," kata Sales Supervisor Mobil88 Bekasi, Sandi Kurnia, ditemui detikcom, di Bekasi, Senin (18/3/2019).

Menurut Sandi, ada risiko yang harus dihadapi ketika konsumen dihadapkan pada angsuran kredit mobil bekas yang besar. Apalagi jika yang bersangkutan mengabaikan faktor aftersales.

"Memang dia mampu cicil per bulan, tapi saat buat jalan-jalan dia nggak punya uang. Soalnya gaji kan bukan cuma buat setor mobil doang. Ada biaya buat rumah tangga, belum lagi perawatan mobil, bensin dan sebagainya," lanjut Sandi.



"Ini akan menjadi dilema. Ujung-ujungnya mobil nggak ke mana-mana, stay aja di rumah. Maka kadang sales menggali kebutuhan calon pembeli. Mobil untuk apa dulu. Jangan sampai cuma buat gengsi atau gaya-gayaan doang," katanya lagi.

Untuk amannya, Sandi mengatakan bahwa biaya angsuran tidak boleh lebih dari sepertiga gaji bulanan. Jadi misalkan gaji per bulan, sekitar Rp 4 jutaaan, angsurannya tidak boleh lebih dari Rp 1,5 juta.

"Kecuali dia gaji Rp 4 juta, tapi ada income lain. Misalnya, income dari istrinya, atau dia ada tambahan gaji atau tambahan insentif, itu bisa. Misal gaji dia Rp 4 juta, tapi dia punya usaha, dia beli mobil buat usaha. Buat ngantar makanan buat ngantar barang. Otomatis gaji Rp 4 juta, tapi dari usaha sampingan, dia bisa dapat tambahan penghasilan. Itu bisa nutupi," pungkasnya. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com