Sabtu, 16 Mar 2019 20:31 WIB

SUV Anyar Tesla Model Y, Sekali Ngecas Jakarta-Semarang Lewat!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Tesla Model Y Foto: Tesla Motors Tesla Model Y Foto: Tesla Motors
California - Line up mobil listrik buatan pabrikan Amerika, Tesla Motors, kian banyak saja. Tesla baru saja memperlihatkan mobil listrik berbentuk crossover yang mereka namakan Model Y.

Model Y akan menemani mobil listrik Tesla lainnya yang sudah dirilis ke pasaran yakni Model S, Model X, Roadster dan Model 3. Model Y akan menjadi adik dari SUV listrik Model X. SUV anyar ini memiliki kesamaan platform dengan sedan Model 3.

Tesla akan mulai mengirim mobil kepada konsumennya di musim gugur tahun 2020 untuk tipe Model Y Performance, Long Range Rear-Wheel Drive, dan varian Dual-Motor All-Wheel Drive. Untuk Model Y standar yang dijual seharga USD 39.000 atau sekitar Rp 555 jutaan akan mulai dilepas pada 2021. Uniknya Tesla menyediakan opsi untuk menambah kursi penumpang menjadi 7 seater dengan penambahan dana USD 3.000. Model Y Standar memiliki jarak jelajah sampai 370 km.

Tesla Model YTesla Model Y Foto: Tesla Motors




Untuk model yang memiliki daya jelajah jauh (Long Range), Tesla mengklaim bisa mencapai jarak 482 km. Itu berarti cukup untuk berkendara dari Jakarta menuju Semarang yang menurut Google Maps sejauh 445 km. Mobil dengan baterai lebih awet ini dijual pada angka USD 47.000 atau sekitar Rp 669 juta.

Dengan motor listrik yang dimilikinya Tesla Model Y bisa berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 3,5 detik sebelum mencapai kecepatan maksimum 241 km.



Bagian dalam mobil dilengkapi dengan panoramic glass roof yang terbentang dari bagian depan atap kabin sampai belakang menciptakan kesan lega dan mewah. Seperti halnya Model 3, Tesla Model Y tidak membutuhkan anak kunci.

Kabin mobil seperti tidak memiliki atap karena pakai panoramic roof yang lebarKabin mobil seperti tidak memiliki atap karena pakai panoramic roof yang lebar Foto: Tesla Motors


Untuk membuka pintu, tinggal menggunakan HP pemiliknya. Layar 15 inci di dasbor akan mengatur semua kontrol kemudi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed