Sabtu, 16 Mar 2019 15:31 WIB

MPV Bekas Mana yang Depresiasi Paling Rendah, Avanza atau Xpander?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil-mobil di kelas Low MPV Foto: Grandyos Zafna Mobil-mobil di kelas Low MPV Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Orang Indonesia masih mempertimbangkan penyusutan atau depresiasi harga mobil saat melakukan pembelian mobil. Di pasar mobil bekas manakah mobil yang depresiasinya paling rendah?

detikcom mendapatkan harga mobil rata-rata untuk 5 jenis mobil yang populer di Indonesia yakni di segmen MPV tepatnya Low MPV (Multi Purpose Vehicle).

Toyota Avanza
rupanya masih menjadi mobil dengan depresiasi paling rendah 4 persen disusul oleh pesaing baru Mitsubishi Xpander dan Honda Mobilio. Berikutnya adalah Suzuki Ertiga dan Wuling Confero.

Jelasnya bisa Anda lihat di tabel di bawah ini:

Mobil MPVHarga Mobil Rata-rataDepresiasiKota dengan Suplai Tertinggi
Toyota AvanzaRp 125.000.0004 persenJaktim, Jaksel, Medan
Mitsubishi XpanderRp 224,260.1195 persenJakut, Surabaya, Jakbar
Honda MobilioRp 145.296.6677 persenSurabaya, Bandung, Jakarta Utara
Suzuki ErtigaRp 143.164.5268 persenSurabaya, Jakarta Timur, Bekasi
Wuling ConferoRp 143.116.66710 persenTangerang, Bandung, Surabaya
Sumber:OLX Maret 2019
Data internal OLX memperlihatkan bahwa Toyota Avanza selalu merajai mesin pencarian di platfom OLX, dari tahun ke tahun. Walaupun Toyota Avanza mendapat saingan dari peluncuran mobil-mobil Low MPV, namun di pasar mobil bekas Toyota Avanza tetap unggul.



Secara volume, Toyota Avanza masih menjadi mobil yang paling banyak dicari, di OLX. Mobil merek ini banyak dicari masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Semarang, dan Surabaya dengan harga jual rata-rata Rp 125.000.000.

"Toyota telah tumbuh bersama Indonesia dengan menjawab kebutuhan pasar industri otomotif. Segmen MPV telah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Mobil ini sangat cocok digunakan sebagai kendaraan harian dan juga dapat memuat seluruh anggota keluarga. Toyota menjawab kebutuhan tersebut dengan meluncurkan Avanza, sebuah mobil yang memiliki harga terjangkau, mesin yang berkualitas, dan harga purna-jual yang cukup stabil," kata Head of Automotive category OLX Indonesia Ivo Wassenaar, dalam siaran pers, Sabtu (16/3/2019).

Video Uji Irit 1 Liter Mobil MPV

[Gambas:Video 20detik]



Sementara untuk mobil Wuling yang kini masuk ke urutan 10 besar produsen Indonesia, mobil bekas merek Wuling sudah bisa ditemukan, terutama di Bandung, Kota Tangerang, dan Surabaya. Untuk harga jualnya tergolong cukup baik. "Di OLX, harga jual rata-rata mobil Wuling mulai dari Rp 143.116.667 untuk model Confero hingga Rp 206.800.000 untuk model keduanya, yakni Cortez," ujar Agung, Director of Marketing & CTx OLX Indonesia.



Menurut Agung, harga jual yang relatif baik, menjadi sebuah indikasi positif bagi Wuling Motors sekaligus menjadi alasan tepat bagi masyarakat untuk membeli mobil ini meski usianya terbilang masih baru. "Harga jual mobil bekas Wuling masih tergolong baik. Bila dibandingkan dengan harga produk barunya, depresiasi harganya masih berkisar 10% - 15%. Ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat tertarik untuk membeli mobil buatan China ini," tambahnya.

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed