Jumat, 15 Mar 2019 17:59 WIB

Halo Pemerintah, Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Tahun Ini Lho!

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi Mobil listrik Mitsubishi Foto: Autoblog Ilustrasi Mobil listrik Mitsubishi Foto: Autoblog
Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah merancang strategi agar menjadi produsen otomotif nomor satu di Indonesia. Salah satunya adalah tentang mobil listrik yang disebut siap diperkenalkan tahun ini.

Melihat ke belakang tepatnya tahun lalu, MMKSI telah menyumbangkan mobil listrik dan hibrida, serta alat pengisian baterai kepada pemerintah agar mendukung studi tentang percepatan kendaraan listrik di tanah air. Ada dua i-MiEV dan delapan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang diberikan. Tak lupa juga empat unit fasilitas pengisian baterai.



Hasilnya, skema tentang Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terlahir yang menyebutkan bahwa mobi listrik akan dibebaskan dari perpajakan. Kebijakan itu direncanakan bakal berlaku pada 2021. Lantas bagaimana langkah Mitsubishi Indonesia selanjutnya?

"Kalau ingin dicerna, bila memang kami tidak memiliki rencana (menjual mobil listrik di Indonesia), ngapain juga donasikan mobil listrik ke pemerintah tahun lalu. Tentu ada tujuan di balik donasi tersebut, agar bisa mempercepat pengenalan mobil listrik. Silahkan ditunggu, kendaraannya sebentar lagi," ucap Presiden Direktur MMKSI, Noaya Nakamura di Jakarta, semalam (13/3/2019).



"Secara pararel, kami juga mempersiapkan untuk segera meluncurkan mobil listrik untuk pasar Indonesia. Jadi, sesuatu akan datang tahun ini, tunggu saja," lanjut dia.

Namun Nakamura masih malu-malu untuk mengungkapkan mobil listrik yang dimaksud. Mungkinkah Outlander PHEV, atau model baru.

"Saya ingin mengatakannya, tapi sesuai kebijakan prinsipal tidak bisa. Jadi nantikan saja. Yang jelas, tahun ini akan ada mobil baru, model baru," tutup Nakamura. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed