Jumat, 15 Mar 2019 16:22 WIB

Nih Sebabnya Orang Indonesia Sukanya Mobil 7 Penumpang

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Avanza Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Toyota Avanza Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Mobil yang bisa menampung tujuh orang penumpang identik dengan masyarakat Indonesia. Mobil berkapasitas tujuh orang itu dari tahun ke tahun terus mendominasi penjualan mobil di Tanah Air.

Berbeda halnya dengan di luar negeri. Kalau di luar negeri mobil yang bisa menampung lima orang pun laku di pasaran. Misalnya seperti sedan atau hatchback.



Tapi begitu melihat jalanan di Indonesia, hampir semua ruas didominasi oleh mobil berkapasitas tujuh penumpang. Model-model yang sebelumnya hanya mampu memuat lima orang pun beradaptasi.

Contohnya model SUV. SUV di banyak negara hanya bisa diisi lima orang. Namun begitu masuk ke Indonesia, satu model yang sama justru bisa memuat tujuh orang di dalamnya.



Hal tersebut juga dilakukan agar pilihan masyarakat Indonesia akan mobil tujuh penumpang banyak. Tak melulu hanya MPV. Seperti diketahui mobil MPV menjadi model yang paling laris. Selain bisa memuat banyak mobil juga memiliki fungsi lain.

Meski begitu kalau diperhatikan mobil berkapasitas tujuh penumpang tak selalu terisi penuh. Tak jarang bahkan meski mobil bisa mengangkut tujuh orang, namun hanya diisi oleh satu penumpang.



"Kalau kita berdiri di lobby hotel, lobbynya mal, mobil segede Avanza 7-seater diisi driver dan penumpang kenapa nggak sekalian 5-seater aja," ujar Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

"Orang Indonesia itu lebih senang mengantispiasi kondisi tidak terduga misal makan siang atau kadang orang pulang dari bandara banyak bawaan kebutuhan itu yang jadi alasannya," sebutnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed