Jumat, 15 Mar 2019 09:56 WIB

Ramai Jual-Beli Mobil Online, Keberadaan Diler Tetap Dibutuhkan

Rizki Pratama - detikOto
Diler Mitsubishi Pondok Cabe Foto: Rizki Pratama/detikOto Diler Mitsubishi Pondok Cabe Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Generasi milenial sangat akrab dengan teknologi digital, para penyedia produk termasuk otomotif pun berlomba-lomba memanjakan generasi ini untuk mempermudah proses jual-beli melalui aplikasi digital.

Beberapa orang akan berpendapat pada pasar otomotif tren digital ini akan melunturkan kebiasaan jual beli di diler dan mengurangi operasinya suatu saat nanti. Namun dari Mitsubishi sendiri melihat konsumen mereka akan tetap membutuhkan diler dan jumlah diler pun akan terus ditambah.



"Teknologi digital menjadi besar, kita memahami kebiasaan customer mengakses informasi seperti spek, varian, harga, servis diler, dan berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan melalui platform tertentu. Namun pada akhirnya customer ingin melihat kendaraan secara langsung di diler," ujar Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono saat meresmikan diler ke 128 mereka di Pondok Cabe, Tangerang Selatan (14/3/2019).

Meskipun demikian, Michimasa tidak menutup mata bahwa perkembangan aplikasi digital layanan produk mereka perlu dikembangkan untuk menjaga pasar generasi milenial. "Kami juga tengah membenahi pelayanan digital kami. Kami memiliki aplikasi mobile juga, itu saya pikir merupakan solusi saat ini," imbuhnya.



Selain itu diler akan tetap bertambah karena bisnis mobil tidak sekadar penjualan, namun juga ada purnajual. Penambahan diler akan menjaga pelanggan dan memberikan akses mudah untuk perawatan kendaraan mereka.

"Saya pikir beli mobil tak lepas dengan outlet, sehingga mereka dekat dengan bengkel, jadi kalau dekat menghemat waktu. Bengkel tetap akan dibutuhkan saya pikir karena konsumen merasa puas akan membantu kita meningkatkan penjualan," tambah Direktur PT Srikandi Diamond Motor, Osman selaku mitra jaringan diler PT MMKSI di Indonesia saat membuka diler baru mereka di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed