'Perang Dingin' Avanza Vs Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 15 Mar 2019 08:11 WIB
Perang Dingin Avanza Vs Xpander
Foto: Luthfy Syahban

Toyota Avanza yang biasanya anteng mengisi posisi puncak penjualan mobil terlaris se-Indonesia sejak Februari 2018 mulai terusik. Mulai Februari 2018, posisi mobil terlaris di Indonesia mulai diisi bergantian oleh Avanza-Xpander. Penjualan keduanya mendominasi dibandingkan model lain di segmen yang sama.

Sejak lahir Agustus 2017, Xpander perlahan-lahan bisa merebut hati masyarakat Indonesia dan dibuktikan dari angka penjualannya. Dimulai dari 1.096 unit per bulan secara wholesales, Xpander kini bisa membukukan hingga 7.000-an unit dalam sebulan.

Beda dengan Xpander, Avanza sudah hadir lebih dulu. Penjualan Avanza terbilang awet. Tercatat sudah 15 tahun Avanza meramaikan jalanan-jalanan Indonesia dan masih menjadi pilihan utama jika melihat dari sisi penjualannya.

Banyak mendapat gempuran dari model lain di segmen Low MPV, Avanza pun belum tergugah. Meski model lain juga tak kalah laris, namun dari angka penjualan Avanza masih yang teratas.

Merujuk pada data wholesales Gaikindo Avanza, pada tahun pertamanya bisa membukukan 43.936 unit. Kemudian penjualannya terus meningkat hingga lima kali lipat tahun 2013 sebesar 213.458 unit.

Tahun 2014 penjualan Avanza mulai menurun seiring dengan para pendatang baru. Meski begitu, posisi Avanza belum tergeser. Masih terus memimpin penjualan baik itu Low MPV maupun mobil di Indonesia.

Tahun 2018 Avanza masih di atas angin. Total mobil dengan julukan sejuta umat tahun lalu terdistribusi sebanyak 82.167 unit.

Bagaimana dengan Xpander? Xpander pada tahun pertamanya hanya membukukan 13.070 unit. Kemudian angka tersebut melonjak hingga 75.075 unit setahun setelahnya.

Persaingan Avanza-Xpander masih bakal terus berlangsung. Toyota membuka awal tahun 2019 dengan wajah baru. Penjualannya masih belum sebaik Xpander. Dua bulan pertama tahun 2019, Avanza masih takluk dari sang kompetitor utama.