Kamis, 14 Mar 2019 20:24 WIB

Saling Salip, Benarkah Xpander Menang Telak Lawan Avanza?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mitsubishi Xpander Foto: Ari Saputra Mitsubishi Xpander Foto: Ari Saputra
Jakarta - Perebutan takhta mobil terlaris di Indonesia antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander makin panas. Mitsubishi yang menjadi penantang baru hanya dalam satu setengah tahun diklaim sudah berhasil membuat Avanza 'keringetan'.

Direktur Penjualan & Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro dalam perhelatan Media Gathering Mitsubishi Indonesia kemarin (13/3/2019) menyatakan, Xpander telah menang mutlak dengan Avanza. Padahal, mobil tersebut hanya mengandalkan satu pilihan mesin saja yakni 1.500 cc.



"Xpander kan disebut sebagai game changer (pengubah permainan), ya sudah terbukti kan sekarang nomor satu. Saya bilang tadi bahwa beberapa bulan sebelumnya juga kita sudah pernah menang. Dan kalau ingin dibedah small MPV, Mitsubishi kan hanya main di mesin 1.500 cc (Avanza gabungan dengan 1.300 cc). Jadi kami itu menang mutlak," katanya.

Benarkah demikian? Merujuk pada data penjualan Wholesales (pabrik ke diler) periode Februari 2019 yang diterima detikcom, Toyota Avanza masih mengungguli Xpander dengan selisih 168 unit. Xpander berhasil mencetak angka 5.532 unit sedangkan Avanza pada periode sama mengukuhkan angka 5.700 unit.



Namun torehan Avanza merupakan hasil akumulasi atau gabungan dari varian mesin 1.500 cc dan 1.300 cc. Bila dipisah, Avanza tertinggal jauh oleh Xpander sekitar 4.349 unit. Dimana, Toyota Avanza bermesin 1.500 cc yang terdiri dari Avanza, New Avanza, dan New Veloz mencetak angka 1.183 unit.

Toyota AvanzaToyota Avanza Foto: Dok. Toyota-Astra Motor


Tepat di bawah Avanza dan Xpander, ada Daihatsu Xenia yang berhasil mengukuhkan angka penjualan sebesar 3.207 unit disusul oleh Suzuki Ertiga dengan 2.055 unit. Sedangkan Honda Mobilio yang menempati peringkat 5 berhasil mencetak angka penjualan 2.026 unit.

Untuk Wuling Confero, lagi-lagi mengalahkan Nissan Livina dengan selisih 432 unit (Wuling Confero 593 unit, Nissan Livina 1.5 161 unit). (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed