Kamis, 14 Mar 2019 13:57 WIB

Mitsubishi Tak Menampik Xpander Bakal 'Adu Banteng' dengan Livina

Ruly Kurniawan - detikOto
Mitsubishi Xpander Foto: Ibnu Munsir Mitsubishi Xpander Foto: Ibnu Munsir
Jakarta - Muncul dengan platform yang sama dan hanya sedikit beda, All New Nissan Livina disebut berpotensi 'saling makan' dengan Mitsubishi Xpander. Menjawab hal itu, pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak menampiknya.

Pernyataan Livina baru berpotensi ganggu penjualan Xpander pertama kali disebutkan oleh pihak Toyota Astra Motor (TAM). Menurutnya, bila strategi yang dijalankan oleh aliansi tersebut kurang tepat, sangat memungkinkan akan terjadi 'rebutan pasar'.



"Kolaborasi kedua (model) itu kan jadi menarik. Kita lihat aja hasilnya gimana. Kalau di Avanza kan kolaborasinya udah lama. Nah, apakah Nissan Livina itu akan mengganggu Xpander itu perlu diamati," ujar Executive General Manager PT TAM Franciscus Soerjopranoto di Jakarta, kemarin (13/3/2019).

Menanggapi hal itu, Mitsubishi Indonesia lewat Direktur Penjualan & Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan, memang Mitsubishi dan Nissan adalah aliansi. Namun mereka akan tetap berkompetisi untuk menggaet hati keluarga Indonesia.

Mitsubishi XpanderMitsubishi Xpander Foto: Rifkianto Nugroho


"Nissan dan Mitsubishi kan memang aliansi. Tapi dari awal secara branding, marketing , network, itu masing-masing. Jadi kalau dibilang bersaing, ya kita akan bersaing karena punya strategi yang berbeda," ujar Irwan.

"Lebih jauh tentang aliansi (kebijakan), itu hanya bisa dibicarakan oleh prinsipal. Tapi dari distributor, keuntungan aliansi itu ya bagi platform, sharing teknologi, sehingga timbul banyak efisiensi," jelasnya lagi.



Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura dikesempatan sama juga menyatakan bahwa Mitsubishi Indonesia dengan Nissan Motor Indonesia memiliki strateginya masing-masing. Meskipun mereka beraliansi.

"Ya karena saya bukan dari Nissan, saya tidak bisa mengatakan langkah apa yang akan diambil termasuk produksi Livina nantinya. Namun dari Mitsubishi, kita akan berfokus pada Xpander dan SUV serta listrik. Pihak global juga sudah menyatakan hal itu," kata dia.


Simak Juga "Dinilai Mirip Xpander, Nissan Tak Mau Asal Hadirkan All New Livina":

[Gambas:Video 20detik]

Mitsubishi Tak Menampik Xpander Bakal 'Adu Banteng' dengan Livina
(ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed