Kamis, 14 Mar 2019 10:13 WIB

Disebut Belum Setara Avanza, Mitsubishi: Xpander Menang Mutlak!

Ruly Kurniawan - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Rangga Rahardiansyah Mitsubishi Xpander. Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Toyota-Astra Motor menyatakan Mitsubishi Xpander masih terlalu muda untuk dibilang setara dengan Toyota Avanza. Hal tersebut mengacu pada angka maksimal penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler). Avanza pernah dalam satu bulan mencapai angka 21.000 unit sedangkan Xpander disebut baru 'bermain' di angka 7.000-an.

Pencapaian itu dikatakan, baru bisa menyaingi Daihatsu Xenia. "Kami belum dikalahkan oleh Xpander. Mitsubishi kan mengatakan kalau Xpander itu sukses, tapi kalau dari Toyota melihatnya belum. Alasannya, angka maksimum wholesales masih dipegang Avanza dengan 21.000 unit. Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio pernah di 10.000 dan 11.000 unit di tahun 2013, 2014. Xpander baru setara dengan Xenia, 7.000 unit-an," ucap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto, di Jakarta, Rabu (13/3/2019).



Menanggapi pernyataan Soerjo, Direktur Penjualan & Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan, semenjak diluncurkan pada pameran GIIAS 2017 Xpander sudah bikin Toyota Avanza 'keringetan'. Bahkan pada tahun 2018, Mitsubishi mengklaim Xpander telah menang telak dengan hanya mengandalkan mobil bermesin 1.500 cc, sementara Avanza unggul karena punya pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

"Xpander kan disebut sebagai game changer (pengubah permainan), ya sudah terbukti kan sekarang nomor satu. Saya bilang tadi bahwa beberapa bulan sebelumnya juga kita sudah pernah menang. Dan kalau ingin dibedah small MPV, Mitsubishi kan hanya main di mesin 1.500 cc (Avanza gabungan dengan 1.300 cc). Jadi kami itu menang mutlak," jawabnya di Media Gathering Mitsubishi Indonesia, Jakarta, Rabu (13/3/2019).



"Ya kita tidak ada rencana untuk bermain di 1.300 cc," jelas Irwan lagi.

Di kesempatan sama, Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura juga mengungkapkan bahwa tahun 2018 penjualan Xpander di Indonesia menjadi yang paling besar di dunia. Mobil keluarga baru dari Mitsubishi itu juga akan terus digencarkan agar menjadi nomor satu di Tanah Air.

"Indonesia nomor satu penjualan Xpander secara global. Kita bertekad untuk menjadi nomor satu. Pertumbuhan Xpander pun tahun 2018 sangat memuaskan," kata dia.



Bila melihat pergerakan penjualan selama tahun 2018 yang merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memang Xpander sempat merebut takhta Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia. Namun bila diakumulasi selama setahun penuh, Toyota Avanza masih menjadi raja penjualan mobil di Indonesia.

Dalam data tersebut, dinyatakan penjualan wholesales Toyota Avanza tercatat sebanyak 82.167 unit. Sedangkan Mitsubishi Xpander yang mengisi posisi kedua menjual sebanyak 75.772 unit (27,8 persen pangsa pasar).

Posisi ketiga dan keempat ditempati Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Dengan disusul Honda Mobilio serta Wuling Confero. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed