Selasa, 12 Mar 2019 14:27 WIB

Deretan Negara yang Kepincut Xpander Buatan Cikarang

Dina Rayanti - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Mitsubishi Mitsubishi Xpander. Foto: Mitsubishi
Jakarta - Low MPV Xpander buatan pabrik Mitsubishi di kawasan Cikarang tidak hanya menarik bagi masyarakat Indonesia. Seperti diketahui sejak April 2018, Mitsubishi turut mengirim Xpander ke beberapa negara dimulai dari Filipina.

Tercatat dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), negara-negara yang kepincut Xpander bukan hanya Filipina. Xpander buatan Cikarang itu juga tercatat dikirim ke Mesir, Vietnam, Thailand, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, dan Kamboja.


Dalam kurun waktu satu bulan, Mitsubishi mengekspor 4.329 unit Xpander sekaligus menjadi yang tertinggi di awal tahun 2019. Torehan positif Xpander ini memang tidak hanya berlaku di pasar ekspor. Mitsubishi dalam data distribusi wholesales juga mencatat penjualan tertinggi.

Artinya Xpander menjadi mobil terlaris se-Indonesia mengalahkan sang rival Toyota Avanza. Model baru Avanza di bulan pertama tahun 2019 belum bisa berbicara banyak dari sisi penjualan. Soal ekspor, Avanza juga masih kalah dengan Xpander. Dalam periode yang sama Toyota hanya mengirim 2.066 unit Avanza ke mancanegara.


Meski begitu pihak Toyota menyebut calon konsumen yang telah menanti Avanza harus sedikit bersabar menunggu mobil bisa terparkir di rumah.

"Ini kan masih penyesuaian produk baru ya, tadi kami informasikan bahwa kami masih melihat dari owner taking-nya dulu. Jadi kami lihat dulu animo masyarakatnya seperti apa, kemarin (Januari-Februari) (angka SPK) sudah 17.000, saya rasa dengan angka tersebut masih cukup baik, masih di atas target penjualan kami," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi beberapa waktu lalu. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com