Selasa, 12 Mar 2019 09:36 WIB

Tempuh Jarak 120 Km, Mobil Listrik Tesla Cukup Dicas 5 Menit

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pool (Carsscoop) Foto: Pool (Carsscoop)
Jakarta - Tesla lagi-lagi buat gebrakan besar di kendaraan listrik. Kali ini, produsen teknologi dan otomotif asal Amerika Serikat tersebut merilis sistem pengisian daya super cepat yang dinamakan V3 Supercharging.

Dengannya, mobil cukup melakukan pengisian daya sampai 5 menit saja untuk mendapat kekuatan jarak tempuh hingga 120 kilometer (km). Sebagaimana dilansir Paultan, fitur itu baru bisa digunakan untuk Tesla Model 3 saja.


Jangka waktu pengisian daya baterai untuk mobil listrik kini masih jadi polemik tersendiri. Sebab, dengan pengisian daya normal memerlukan 5 sampai 8 jam supaya mobil bisa digunakan sehari-hari.

Dalam rangka menyelesaikan masalah itu, Tesla terus-terus berinovasi hingga hari ini dilahirkannya V3 Supercharging. Alat pengisian daya baterai mobil listrik super itu baru akan tersedia beberapa bulan ke depan.


Semua mobil Tesla bisa menggunakannya. Hanya saja pada tahap awal, alat itu baru dapat diterapkan di Tesla Model 3. Tesla Model X dan Model Y baru bisa menggunakan V3 Supercharging pada kuartal kedua di Amerika Utara dan kuartal ketiga di Eropa. Untuk Asia Pasific, akan disediakan mulai akhir tahun ini.

Dengan adanya sistem ini, Tesla bisa melayani dua kendaraan per hari di akhir tahun 2019 nanti, jika dibandingkan dengan saat ini. Sistem ini diklaim akan memberikan banyak manfaat bagi para pemilik Tesla di seluruh dunia. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com