Senin, 11 Mar 2019 21:18 WIB

Butuh 30 Tahun Agar Jadi Pengrajin Ahli Mobil Lexus

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Lexus Foto: Lexus
Jakarta - Produsen otomotif premium tentu tak sembarangan untuk menerima seseorang bekerja dengannya. Begitu juga dengan brand mobil mewah asal Jepang, Lexus. Anda harus memiliki sepak terjang yang jauh serta dedikasi tinggi pada suatu yang bersifat khusus tergantung pada posisi yang diinginkan.

Untuk menjadi seorang pengrajin ahli mobil Lexus misalkan yang disebut Takumi, Anda harus menghabiskan waktu sampai 60.000 jam atau lebih dahulu dalam mempertajam keterampilan. Hal itu meliputi keahlian desain, memahami struktur benda, sampai kejelian dalam melihat sesuatu perspektif.




60.000 jam menurut Lexus ialah setara dengan bekerja 8 jam satu hari, 250 hari dalam satu tahun, selama 30 tahun. Dengan begitu, orang tadi akan mendapat gelar 'Takumi Master' atau seorang master pengrajin di Lexus.

Standar itu sebenarnya berlaku secara menyeluruh di Jepang. Tapi biasanya hanya diperlukan 10.000 jam saja, tergantung pada suatu bidang industri yang ingin digelutinya.

"Konsep Takumi telah secara fisik dan filosofis menjadi inti dari merek Lexus sejak dimulai 30 tahun yang lalu. Para master Takumi kami memiliki lebih dari 60.000 jam (30+ tahun kerja) pengalaman dalam mengembangkan kerajinan (karya) mereka," kata Head of Global Brand Lexus International, Spiros Fotinos sebagaimana dilansir autoindustriya dan motor1.



Investasi itu juga yang memungkinkan tak tergantinya manusia sebagai 'mata dan tangan' dalam berbuat karya di tengah era robotik.

Untuk apresiasi mereka, pihak Lexus membuat suatu film dokumenter yang berisi empat Takumi Master dalam berkarya. "Kisah 60.000 jam tentang kelangsungan hidup kerajinan manusia," kata Fotinos.

[Gambas:Youtube]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com