Dibanderol Rp 4 Miliar, Mobil Ini Laris Manis

Ruly Kurniawan - detikOto
Senin, 11 Mar 2019 17:08 WIB
Foto: Rolls-Royce
Washington - Menjelang akhir tahun 2018 kemarin, Rolls-Royce meluncurkan mobil SUV super mewah pertamanya, Cullinan. Menjunjung sebuah nama batu permata terbesar di dunia, kemewahan kelas pertama disajikan oleh pabrikan mobil bangsawan asal Inggris tersebut.

Walau begitu, melihat banderolannya cukup membuat beberapa orang berpikir ulang untuk membawa sebuah SUV ini. Rolls-Royce menghargai Cullinan mencapai US$ 325 ribu atau setara dengan Rp 4,6 miliar.


Namun nyatanya, sambutan hangat diterima pihak Rolls-Royce. Dilansir Paultan, Cullinan laris manis. Bahkan disebutkan Rolls-Royce sedang kewalahan menyelesaikan pesanan mobil itu.

"Saya ingin bisa mendapatkan suplai tambahan. Tapi saat ini kapasitas produksi pabrik sudah 100 persen, dan menambah jam kerja setiap pekan. Tapi tetap saja, tidak bisa memenuhi permintaan," ujar Chief Executive Officer Rolls-Royce Amerika Serikat, Martin Fritsches.

Menariknya, banyak kaum wanita dan anak muda yang membeli Rolls-Royce Cullinan. Tak sedikit juga yang membeli mobil Rp 4,6 miliar itu sebagai kendaraan pertamanya.

SUV terbaru dari Rolls Royce ini berbasis dari model Phantom sedan. Fasia depan akan menampilkan grille dengan bilah krom vertikal yang dipadukan oleh lampu depan persegi panjang di kedua sisinya.


Pada bagian belakangnya, Rolls-Royce Cullinan berbentuk kotak dengan membawa garis atap yang menawan sarat akan kendaraan serba guna. Sisi tingginya pun terasa di bagian tersebut. Apalagi mobil mengusung teknologi all-wheel-drive.

Rolls-Royce Cullinan memiliki dimensi sepanjang 5.341 mm, dengan lebar 2.165 mm dan tinggi 1.835 mm. SUV ini memiliki sumbu roda yang membentang sepanjang 3.295 mm. Cullinan memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding pesaing kuatnya yakni Bentley Bentayga.

Cullinan memiliki bobot sebesar 2.660 kg, hal tersebut membuatnya lebih berat 200kg dibandingkan Bentayga. Untuk menghasilkan tenaga yang besar dan bertenaga, Rolls-Royce menyematkan mesin berkapasitas 6,75 liter twin turbo dengan V12 seperti yang tersemat pada Phantom.


Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 563 Hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi sebesar 850 Nm mulai dari 1.600 rpm. Diklaim mobil ini mampu melesat hingga kecepatan 250 km/jam.

Mobil mewah ini direncanakan bakal masuk Indonesia pekan ini. (ruk/ddn)