Rabu, 06 Mar 2019 13:34 WIB

Cerita Menteri Hampir Ditolak Masuk Istana Gara-gara Kijang Jadul

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Foto: Dok. Wikipedia Ilustrasi Foto: Dok. Wikipedia
Jakarta - Kementerian Keuangan sempat merilis video dokumenter di channel YouTube resmi @KemenkeuRI yang mengisahkan keteladanan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad di zaman orde baru. Satu kisah menarik diangkat, ternyata sekaliber menteri pun pernah hampir ditolak masuk ke istana.

Mar'ie Muhammad dikenal sosok pejabat yang lekat dengan kesederhanaan, keberanian dan kejujuran, karenanya ia dijuluki sebagai Mr.Clean. Bahkan salah satu terobosannya yang paling dikenang adalah keberaniannya menghitung pajak presiden yang kala itu dijabat Soeharto secara langsung.



Dalam video yang berdurasi 5 menit 44 detik ini sempat dikisahkan Mr.Clean mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputra oleh Presiden Soeharto. Namun satu kisah menarik datang di sini, sang anak Rahmasari Muhammad menceritakan bahwa ayahnya sempat dicegat sebelum masuk Istana Negara.

"Waktu mau terima penghargaan Bintang Mahaputra, beliau menggunakan mobil Toyota Kijang zaman dulu, yang jadul dan itu hampir ditolak masuk ke istana," kata Rahmasari.

"Karena mobilnya terlalu jelek mungkin ya, sampai akhirnya beliau membuka pintu dan menunjukkan mukanya," sambung Rahmasari.



"Saya Mar'ie Muhammad, saya mau terima penghargaan," kenang Rahmasari. Dari situ kemudian Ma'rie Muhammad dipersilahkan masuk ke dalam Istana Negara.

Pun Toyota Kijang juga sudah lama melenggang di Tanah Air. Toyota Kijang debut di Indonesia sejak tahun 1977 hingga 1981 yang disebut generasi pertamanya, lalu 1981 sampai 1986 generasi keduanya, dan kemudian generasi ketiga 1986 hingga 1996. Antar lintas generasi tersebut kira-kira manakah yang punya Mr.Clean?

[Gambas:Youtube]

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com