Minggu, 03 Mar 2019 08:08 WIB

Bagaimana Persiapan Ferrari Touring 655 km di Trans Jawa?

Luthfi Anshori - detikOto
Ferrari digeber di tol Foto: FOCI Ferrari digeber di tol Foto: FOCI
Surabaya - Komunitas Ferrari Owner's Club Indonesia (FOCI) menggelar acara touring bertajuk FOCI Trans Java Tour 2019. Acara touring ini melewati rute tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya. Jika dilihat melalui peta digital, jarak yang ditempuh sekitar 655 km.

Lantas bagaimana mempersiapkan super car seperti Ferrari agar siap digeber jarak jauh? Apakah persiapannya sama seperti saat menyiapkan mobil harian untuk jarak jauh?



Dikatakan Presiden Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI), Hanan Supangkat, agar Ferrari siap menggelar perjalanan jauh, maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Ferrari Digeber di Tol Trans JawaFerrari Digeber di Tol Trans Jawa Foto: Dok. Ferrari Jakarta & FOCI


"Tentu perlu dilakukan general check up ya. Karena mobil jenis ini kan jarang-jarang dipakai, tidak seperti mobil-mobil harian. Jadi tidak bisa mobil seperti Ferrari tiba-tiba diajak jalan jauh tanpa persiapan," ujar Hanan.

Ada beberapa komponen mobil Ferrari yang menurut Hanan perlu mendapat perhatian. Terutama adalah kondisi ban. "Jadi kita cek dulu terutama kondisi ban. Ban ini umurnya jangan lebih dari 6 tahun, apalagi jalan tol Trans Jawa yang panjang itu kan panas. Takutnya kalau ban usianya sudah tua jadi gampang pecah," lanjut Hanan.

Ferrari Digeber di Tol Ferrari Digeber di Tol Foto: Dok. Ferrari Jakarta & FOCI


"Maka itu, semua anggota FOCI yang ikut touring, mobilnya wajib dicek dulu. Jadi kita kerjasama dengan Ferrari Jakarta, mobilnya sebelum berangkat dikirim dulu ke sana untuk diperiksa secara keseluruhan," katanya lagi.

Selain ban, masalah yang wajib diwaspadai pemilik Ferrari adalah kelistrikan. "Misal potensi aki soak, karena mobil jarang dipakai. Kalau akinya soak, kelistrikan di mobil drop semua kan, elektroniknya juga akan ikut rusak semua dan mesti direset," pungkas Hanan.

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed