Honda Mobilio Santai Hadapi Pesaing-pesaing Baru

Ruly Kurniawan - detikOto
Kamis, 28 Feb 2019 08:38 WIB
Honda Mobilio. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mobil keluarga atau LMPV makin banyak saja. Produsen terkait pun nampak berlomba-lomba untuk mempercantik produknya. Tak terkecuali Honda Mobilio.

Namun dibandingkan dengan para pesaingnya, Honda hanya memberi sedikit ubahan di Mobilio. Hanya bagian tampilan saja yang berubah seperti tampang dan juga desain dashboard. Meski seperti itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) masih percaya diri.


"Berdasarkan studi kita, ada tiga konsumen mobil. Pertama basic value dimana mencari mobil untuk keluarga. Lalu ada namanya smart buyer dan trend seeker yang ketika ada model baru muncul mereka langsung beli. Nah Mobilio itu masuk semua terutama golongan pertama dan ke-2," ucap Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di sela-sela Media Test Drive New Mobilio di Ancol, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

"Kalau yang trend seeker, kita sudah bukan leader memang karena sudah empat tahun. Mungkin beberapa tahun ke depan (kompetitor) akan mengalami hal seperti ini juga. Tapi kita masih memiliki yang basic value dan smart buyer, kita maksimalkan di situ. Oleh sebab itu kita tambahkan valuenya," lanjut dia.

Memang, kata Jonfis lagi, Mobilio hanya mendapatkan sedikit ubahan. Namun hal lainnya seperti kemudahan layanan purna jual dan resale value yang baik menjadi poin pentingnya.


"Jadi mulai dari belinya, servisnya, dan hal lainnya juga gampang. Tidak perlu pusing lagi karena kita sudah ada paket hemat. Bahan bakar juga hemat. Nah bagi smart buyer, mereka kan selalu bandingkan sebelum membeli mobil, banyak juga yang masih ke Mobilio," pungkas Jonfis.

Dikesempatan sama, Jonfis juga menegaskan Mobilio saat ini belum cocok untuk diubah secara keseluruhan atau besar-besaran. Sebab, fitur yang sudah disematkan mobil keluarga itu sudah banyak. Tidak kalah dengan kompetitornya yang keluarkan produk baru ataupun pembaharuan besar seperti Nissan Livina.

"Kalau bicara semua fitur, Mobilio itu sudah banyak sekali fiturnya semenjak dia keluar pertama kali. Salah satunya CVT dan Turbo. Kalau di tempat kita, memang fitur itu dipisahkan. Ada yang fitur aksesoris seperti fog lamp dimana bisa dibeli di after market, dan juga yang tidak bisa dibeli seperti CVT tadi. Nah fitur seperti itu (yang tak bisa dibeli di aftermarket) sudah cukup banyak di Mobilio," kata Jonfis.


"Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya. Kalau tidak ya pasti drop jualan mereka. Ke depan, kalau ada model baru mungkin akan kita up lagi," tutupnya



Tonton juga video 'Lebih Elegan Nan Sporty, Ini Tampang Baru Honda Mobilio':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/dry)