Rabu, 27 Feb 2019 07:49 WIB

Berita Terpopuler

Mobil Trump dan Kim Jong Un di Vietnam, Avanza Diasapi Xpander

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Kim Jong Un dikawal bodyguard. Foto: REUTERS/Stringer
Jakarta - Berita terkait pertemuan antara Kim Jong Un dan Donald Trump selalu menarik untuk diperbincangkan. Kali ini keduanya kembali bertemu usai menghelat pertemuan pertama di Singapura. Mobil-mobilnya pun tak kalah menarik. Tak kalah dengan mobil Trum dan Kim Jong Un, persaingan Avanza dan Xpander semakin ketat. Bulan Januari 2019, Avanza yang bermodalkan wajah baru belum sanggup menantang Xpander. Yuk simak selengkapnya!

1. Mobil Donald Trump dan Kim Jong Un di Vietnam

Petinggi Korea Utara Kim Jong un telah tiba di Vietnam lebih dulu menjelang pertemuan dalam Konferensi Tingkat Tinggi dengan presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Datang menggunakan kereta yang ditempuh dalam dua hari perjalanan, Kim langsung disambut Mercedes-Benz S600 Pullman Guard di depan stasiun.

Sedangkan Trump, datang menyusul setelahnya. Meski baru tiba di Vietnam Selasa malam (26/2/2019), mobil Trump sudah datang sejak hari Sabtu. Diberitakan VN Express, pesawat Boeing C-17 Globemaster III dari basis pangkalan udara tentara Amerika di Yokota, Jepang telah mendarat dengan membawa dua mobil kepresidenan Amerika yang dijuluki 'The Beast'.

Mobil Donald Trump di VietnamMobil Donald Trump di Vietnam Foto: VN Express


Tak hanya itu, pesawat tersebut juga mengangkut mobil Chevrolet Suburban untuk delegasi dan juga pengawal Trump. Keenam mobil itu terlihat melintas di jalan Hanoi dengan mendapat pengawalan dari kepolisian setempat.

Namun tampaknya 'The Beast' yang diboyong Trump ke Vietnam bukanlah versi terbaru. Tampak grille depan Cadillac One atau yang biasa disapa 'The Beast' ini masih berbentuk kotak-kotak. Sementara versi barunya grille berbentuk honey comb dikeliling list krom di sekitarnya.

'The Beast' yang terlihat di jalanan Vietnam merupakan warisan dari mantan presiden Barack Obama. 'The Beast' memang tak pernah absen mengantar Trump dalam setiap kunjungannya. Mobil dengan pengamanan nomor wahid ini menjamin Trump aman.

Mobil dilapisi lapisan anti-peluru hingga kantung darah sekaligus oksigen tersedia untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

2. Avanza Diasapi Xpander

Avanza model 2019.Avanza model 2019. Foto: Ari Saputra


Persaingan mobil di segmen Low MPV semakin seru. Namun dua model masih mendominasi menjadi yang teratas yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Keduanya memang saling salip menyalip sejak Februari 2018.

Meski begitu tahun 2018, predikat mobil terlaris masih disandang Toyota Avanza. Membuka tahun 2019, beberapa perubahan terjadi di wajah Avanza. Avanza kini telah dilengkapi dengan lampu LED. Bagian dalam pun sedikit dipermak sehingga tampil lebih modern. Kemudian, Toyota pun menyebut telah menyempurnakan Avanza mulai dari sisi kekedapan hingga suspensi.

Namun itu semua belum cukup menjadikan Avanza berada di puncak Low MPV terlaris. Tercatat dalam data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari 2019, Avanza malah tertinggal dari sang pesaing utama Xpander.

Sepanjang Januari 2019, sebanyak 5.500 unit Avanza terdistribusi secara wholesales (dari pabrik ke diler). Angka itu masih kalah banyak dari Xpander yang mencapai 5.708 unit sepanjang bulan pertama tahun 2019.

Pihak Toyota mengaku, distribusi tersebut belum sepenuhnya diisi oleh Avanza model terbaru. Masih bercampur dengan model lamanya. Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto pun menyebut pihaknya kewalahan memenuhi permintaan konsumen akan Avanza model baru ini.

"Kami masih menunggu pasokan tambahan dari ADM (Astra Daihatsu Motor) untuk memenuhi pesanan yang sudah terdaftar di diler-diler Toyota kami," jelasnya pekan lalu ketika dihubungi detikOto.

Posisi Xpander yang berada di puncak itu pun membuat Mitsubishi cukup pede menghadapi tahun 2019.

"Kami melihat pertumbuhan angka penjualan pada Januari 2019 sebagai sinyal positif kondisi pasar terutama untuk model Xpander. Dengan kondisi persaingan di segmen small MPV yang makin ketat dengan diluncurkannya berbagai produk penyegaran dan model baru dari kompetitor, Xpander terbukti tetap menjadi pilihan utama konsumen dengan segala fitur terbaik, layanan purna jual dan kemudahan serta manfaat dalam proses kepemilikan," ungkap Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, Irwan Kuncoro dalam siaran persnya.Berita terkait pertemuan antara Kim Jong Un dan Donald Trump selalu menarik untuk diperbincangkan. Kali ini keduanya kembali bertemu usai menghelat pertemuan pertama di Singapura. Mobil-mobilnya pun tak kalah menarik. Simak selengkapnya!


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com