Selasa, 26 Feb 2019 18:36 WIB

Perang Harga Mobil Baru, Gaikindo: Bukan Kami yang Atur!

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Hadirnya mobil baru yang diikuti dengan penambahan fitur dan menambah nilai estetik biasanya diikuti dengan kenaikan harga. Seperti di segmen LMPV Avanza-Xenia dan Mobilio misalnya tidak menaikkan harga ketika baru diluncurkan.

Kondisi tersebut memunculkan persepsi di tengah masyarakat bahwa telah terjadi perang harga mobil keluaran baru. Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi memastikan soal penetapan harga tidak ikut campur tangan.



"Gaikindo tidak pernah menyentuh harga sama sekali. Harga adalah kebijakan perusahaan masing-masing, mau kasih diskon 50 persen sampai 90 persen silakan," ujar Nangoi saat konferensi pers GIIAS di Kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (26/02/2019).

Lanjut Nangoi, saat ini sudah terdapat lembaga yang mengawasi yakni Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU adalah lembaga independen yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan UU no. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

"KPPU sudah menjelaskan kepada Gaikindo sebagai asosiasi kita tidak boleh menyinggung harga karena harga adalah hak dari masing-masing perusahaan," tutur Nangoi.



"Dan kita tidak boleh membuat kesepakatan harga, apakah itu menaikkan harga atau menurunkan," kata Nangoi.

Ia menambahkan perang harga merupakan hal yang wajar untuk bisa menarik perhatian konsumen tidak hanya terjadi di industri otomotif.

"Tapi yang jelas betul price war juga terjadi di mana-mana, perlu dicatat bahwa Gaikindo bersih dari masalah mengenai penentuan harga," ucap Nangoi. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed