Adu Fitur Avanza, Xpander, Sampai Livina, Mana yang Terlengkap?

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 24 Feb 2019 17:42 WIB
Low MPV. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Penyuka mobil berjenis Low MPV tengah dimanjakan. Dari tujuh mobil Low MPV yang hadir di Tanah Air, lima model memiliki tampang serta fitur baru. Mulai dari Avanza, diikuti Xenia, Livina, Ertiga, hingga Mobilio masing-masing berdandan mempercantik tampilan dirinya.

Sedangkan dua sisanya yakni Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero memang baru meluncur pertengahan tahun 2017. Ketujuh Low MPV tersebut memiliki daya tariknya tersendiri.


Tak hanya tampang yang dijual para pabrikan. FItur pun turut dipertimbangkan untuk memanjakan masyarakat Indonesia ketika berkendara.

Baik Avanza, Xenia, Ertiga, Livina, hingga Mobilio tidak hanya berdandan melainkan juga melengkapi dirinya dengan fitur yang lebih canggih.

Avanza misalnya yang saat ini sudah dilengkapi tombol start/stop pada varian tertingginya. Kemudian layar hiburan pun sudah lebih canggih karena bisa mirroring serta menggunakan layar sentuh. AC sudah bisa diatur secara digital tak lagi menggunakan knop putar.

Avanza pun menyempurnakan suspensinya agar lebih nyaman. Tak lupa kamera di bagian belakang mobil untuk membantu pengendara saat memarkir.


Ubahan pada Avanza tak jauh berbeda dengan Xenia. Ertiga tak mau kalah. Tanpa seremoni, Ertiga mengumumkan ada sedikit penyegaran pada tampilan lampu kabut, desain pelek two tone, head unit touchscreen audio baru, hingga desain dasbor bernuansa premium.

Ada juga tambahan defogger pada Ertiga tipe GX, auto climate ditambah assist grip foldable.

Menyusul kemudian Livina. Livina yang wajahnya tak jauh beda dari Xpander kini sudah mengusung lampu LED dengan DTRL. Livina yang dulu memiliki ground clearance rendah mirip sedan, sekarang tampil ala-ala SUV. Peleknya pun mirip dengan Xpander.

Di bagian dalam Livina menyematkan layar sentuh berukuran tujuh inchi yang sudah tersambung ke Apple Carplay dan Android Auto. Fitur-fitur pada Livina pun mirip dengan Xpander seperti Hill Start Assist, Start/stop button, Vehicle Dynamic Control, Traction Control. Livina juga sudah dibekali sensor parkir.


Sementara Xpander sudah memiliki fitur cruise control namun sensor parkir belum ada.

Belum habis sampai di situ, Honda pun ikutan mempercantik tampilan Mobilio. Di bagian eksterior, Mobilio ditambahkan Headlamp Projector LED dengan DRL, pelek 15 inchi two tone berdesain baru, dan spoiler di depan serta belakang. List krom juga nampak diperbayak sehingga menambah kesan elegan nan sporty.

Sedangkan bagian interiornya, Mobilio mengganti headunit dengan 6.2 inchi yang didukung Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD. Dashboard juga diubah dengan nuansa hitam dan ivory (two-tone).


Biar murah, Wuling pun tak mau meninggalkan fitur-fitur canggih pada MPV Confero. Confero dibekali fitur ABS, EBD, Immobilizer, Rear parking camera, sensor parkir depan dan belakang, anti theft system, dual srs airbag, dan tire pressure monitoring system. (dry/ddn)