ADVERTISEMENT
Minggu, 24 Feb 2019 15:27 WIB

Seberapa Besar Pengaruh Tampang Mobil Baru Buat Orang Indonesia?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Para pabrikan berlomba lomba menghadirkan mobil berwajah baru untuk masyarakat Indonesia. Adanya penyegaran pada setiap mobil itu diharapkan bisa menjadi stimulan untuk meningkatkan penjualan yang sudah loyo.

Terbukti beberapa model yang memiliki tampang baru berhasil memikat masyarakat Indonesia. Duet Toyota Rush-Daihatsu Terios misalnya.


10 tahun bertahan dengan model yang sama, penjualan Rush-Terios bisa dibilang stabil. Namun setelah memiliki model baru, penjualannya meningkat drastis.

Daihatsu mengklaim penjualan Terios meningkat dua kali lipat dari biasanya. Begitu pula dengan Rush, konsumen yang berminat akan Rush harus menunggu setidaknya empat bulan.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menyebut eksterior memang menjadi salah satu pertimbangan sebelum orang Indonesia membeli mobil.

"Kalau kita sebagai konsumen pastinya saya mau yang terbaik untuk saya. Tidak hanya tampilan eksterior, tapi juga tampilan interior, fitur, performa, dan juga layanan terbaik," ujar Soerjo kepada detikOto Jumat (22/2/2019).

Pergantian wajah mobil pun sebenarnya ada siklusnya sendiri. Tentu para pabrikan memiliki formula perhitungan yang pas kapan mobil harus berganti tampang demi menjaga konsumen agar tak kabur.


Jejak Rush-Terios sepertinya sedang diikuti Avanza-Xenia. Avanza yang minim berdandan selama 15 tahun terakhir Keduanya punya tampang baru di awal tahun 2019. Tak hanya itu, fitur-fitur fi falam mobil pun diklaim lebih canggih dibandingkan model lama.

Padahal Avanza sendiri tanpa model baru pun masih mampu berada di tempat teratas mobil terlaris se-Indonesia. Sedangkan Xenia penjualannya masih stabil sejak meluncur pertama kali berbarengan dengan Avanza pada tahun 2004.


Simak Juga 'Kiprah Mobil China di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

Seberapa Besar Pengaruh Tampang Mobil Baru Buat Orang Indonesia?
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com