Ramai-ramai 'Keroyok' Avanza

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 24 Feb 2019 07:29 WIB
Toyota Avanza model terbaru. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pasar mobil di segmen Low MPV semakin bergeliat. Para pabrikan pun berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil di segmen tersebut. Mulai dari Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Nissan, hingga Mitsubishi dan Wuling pun menyusul menghadirkan mobil jenis LMPV pada tahun 2017.

Sebagian ada yang sukses, namun tak sedikit juga harus bersusah payah meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa mobilnya mempunyai kualitas nomor wahid.


Salah satu yang bisa dibilang sukses adalah Toyota Avanza. Lahir sejak tahun 2004, hingga saat ini Avanza masih menjadi pilihan utama orang Indonesia.

Hal itu pun bisa dilihat dari data penjualan yang menunjukan Avanza terus berada di posisi puncak mobil terlaris se-Tanah Air tiap tahunnya.

Hingga tahun 2018 pun Avanza masih mampu mempertahankan tahtanya di tempat teratas mobil yang paling diburu orang Indonesia meskipun wajahnya tak berubah banyak sejak pertama pertama kali di luncurkan.


Banyaknya pendatang baru pun belum sanggup menggeser Avanza dari posisi puncak. Avanza sendiri mulai terganggu ketika Mitsubishi Xpander datang Agustus 2017.

Memang tak berdampak langsung, penjualan Avanza baru terusik pada Februari 2018 ketika Xpander merebut posisi mobil terlaris sepanjang bulan kedua itu.

Foto: Ibnu Munsir


Racikan Mitsubishi terhadap Xpander terbukti mampu memikat hati masyarakat Indonesia. Wajahnya disebut-sebut lebih segar dibandingkan Avanza yang terakhir berdandan tahun 2015.

Masuk tahun 2019 persaingan di segmen Low MPV semakin sengit. Avanza pun mempercantik dirinya dengan segala ubahan mulai dari eksterior, interior, hingga suspensi.


Avanza tak sendirian. Sang saudara kembar Xenia pun punya tampang baru yang identik dengan Avanza. Strategi mengubah wajah Low MPV pun dilakukan Nissan terhadap Livina juga Honda pada Mobilio kemudian Suzuki menambah fitur Ertiga.

Perubahan paling drastis ada pada Nissan Livina. Livina yang model barunya terakhir meluncur pada tahun 2011, kini berubah total. Livina yang dulu memiliki ground clearance rendah seperti sedan saat ini malah menyerupai SUV laiknya Xpander.

Nissan Livina. Foto: Nissan


Wajar saja kalau wujud Livina mirip Xpander, karena Nissan dan Mitsubishi telah beraliansi secara global sehingga keduanya bisa saling bertukar platform, mesin, sampai teknologi.

Livina sempat mencicipi manisnya pasar Low MPV di Tanah Air namun seiring dengan minimnya model baru penjualannya terus merosot kalah bersaing. Nissan pun cukup optimis dengan Livina model terbaru ini.


Dua hari setelah Nissan meluncurkan Livina, Honda merilis Mobilio dengan tampilan baru. Meski tak berubah banyak, diharapkan perubahan ini bisa kembali meningkatkan penjualan Mobilio yang kian loyo.

Honda MobilioHonda Mobilio Foto: Ari Saputra


Patut ditunggu nih Otolovers bagaimana persaingan ketujuh mobil Low MPV di Indonesia. Ketujuh mobil itu tak hanya bermodal tampang namun fitur-fitur serta harganya pun bisa diperhitungkan.



Simak juga 'Wajah Baru 'Mobil Sejuta Umat' Avanza 2019':

[Gambas:Video 20detik]


Ramai-ramai 'Keroyok' Avanza
(dry/ddn)