Kamis, 21 Feb 2019 07:06 WIB

Nissan Juke, Hidup Segan Mati Tak Mau

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Juke. Foto: Dina Rayanti Nissan Juke. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Ungkapan hidup segan mati tak mau sepertinya laik disematkan pada Nissan Juke. Sudah mengaspal sejak tahun 2011, nafas Juke masih panjang di Indonesia. Nafas panjang Juke tak diiringi dengan model barunya. Juke terakhir berdandan pada tahun 2015. Setelahnya tak ada lagi ubahan pada Juke hingga saat ini.

Penjualannya pun cenderung menurun. Menurunnya penjualan Juke tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di beberapa negara. Bahkan di Amerika Juke sudah tak dijual lagi sejak tahun 2017.

SUV menengah milik Nissan tidak hanya Juke. Nissan kemudian merilis Kicks. Sayangnya Kicks tak diboyong Nissan ke Indonesia.


Membuka tahun 2019, bukan Juke baru yang diluncurkan Nissan berbarengan dengan Livina melainkan Serena. Serena dan Livina sama-sama mengisi segmen MPV. Tapi Serena berada satu tingkat di atas Livina.

Nissan sendiri mengakui kalau pihaknya kuat akan mobil-mobil SUV. Namun justru MPV yang kini menjadi fokus Nissan.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi pun memberikan jawaban mengambang saat ditanya soal SUV khususnya model baru Juke di Indonesia. Ia menyebut mobil-mobil yang dijual Nissan di Tanah Air mengikuti keinginan masyarakat setempat. Di segmen SUV, memang Nissan telah memiliki Terra yang baru saja meluncur Agustus 2018.

"Kami akan terus melihat kesempatan yang ada dan itu juga menjadi refleksi produk kami ke depannya untuk jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang kami masih harus melihat lagi 10 tahun ke depan di Indonesia misalnya selera konsumennya seperti apa masih sama atau berubah," ucap Sekiguchi dalam kesempatan wawancara khusus dengan detikOto di kawasan Djakarta Theater XXI.


Menurut Sekiguchi, karakter konsumen di masing-masing negara berbeda. Hal itu membuat produsen harus pilih-pilih mobil yang tepat bisa memenuhi permintaan masyarakatnya.

"Di Jepang MPV masih oke, tapi small MPV tidak, kami harus melihat konsumen bagaimana ke depannya," tutur Sekiguchi.

Bicara soal Juke sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang setiap tahun penjualannya makin merosot saja. Bahkan pada tahun 2018 hanya 146 unit Juke terjual secara wholesales. Padahal pertama kali dirilis Juke bisa terjual hingga 9.573 unit dalam kurun waktu satu tahun.

Nissan Juke, Hidup Segan Mati Tak Mau
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed