Rabu, 20 Feb 2019 16:33 WIB

Nissan Livina Belum Butuh Cruise Control

Ruly Kurniawan - detikOto
Setir dan cluster meter Nissan Livina 2019 (Foto: Rifkianto Nugroho) Setir dan cluster meter Nissan Livina 2019 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Nissan merupakan salah satu produsen otomotif roda empat asal Jepang yang sangat konsen tentang inovasi dan teknologi. Tak sedikit produk keluarannya yang benar-benar 'berani' dengan teknologi terkini.

Namun untuk All New Nissan Livina, nampaknya Nissan masih ragu-ragu untuk melakukannya. Masih cukup banyak teknologi kekinian yang belum dimasukkan oleh Nissan seperti Cruise Control misalkan.

Ditemui beberapa wartawan, Sugihendi, Trainer Nissan College dari Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan semua teknologi hampir dimiliki oleh Nissan. Namun untuk menerapkannya pada suatu produk harus dilakukan berbagai pertimbangan seperti penggunaan dan harga jualnya.



"Cruise control itu Nissan ada. Serena misalkan, itu sudah pakai. Namun untuk Livina memang kita tidak punya rencana untuk memasangnya," ucap dia di Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

"Karena, pemakaian fitur itu pasti kurang dari 30 persen. Karena kan traffic kita seperti itu (kurang mendukung). Lalu pasti akan ada penyesuaian harga setiap penambahan fitur. Namun bukan berarti kita selalu begitu karena harga, buktinya kita sematkan LED di Livina. Ada DRL (Daytime Running Light)-nya juga," lanjut Sugihendi.



Dirinya juga menyatakan cruise control itu hanya disematkan pada varian menengah ke atas mobil-mobil Nissan. Sebab penggunaannya juga tak begitu sering.

"Jadi kita sih melihat fitur apa yang lebih worth it untuk konsumen Indonesia, lebih berguna dan applicable tanpa perlu memberatkan harga jual. Jadi ya memang tak semudah itulah merancang sebuah mobil. Banyak pertimbangannya," tutup dia.


[Gambas:Video 20detik]


Nissan Livina Belum Butuh Cruise Control

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com