Selasa, 19 Feb 2019 16:43 WIB

Kesan Pertama Nissan Livina Rasa Xpander

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Nissan Livina Foto: Nissan Nissan Livina Foto: Nissan
Jakarta - Prinsip amati, tiru dan modifikasi (ATM) menjadi hal yang lumrah di aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault. Berbagai model mobil bisa dikembangkan dari 1 jenis mobil. Seperti halnya Mitsubishi Xpander yang kini ada kembarannya, Nissan Livina.

Livina yang dulu disebut-sebut senyaman sedan, kini berubah total, menjadi seagresif mobil SUV. Saat pertama kali detikOto melihat Nissan Livina, meski ini adalah kembaran Xpander, tetap saja membuat mata ini kaget.

Tidak seperti mobil kembaran lain yang rata-rata tidak banyak perbedaannya, duo Livina-Xpander ini sangat berbeda jauh, terutama bagian depannya. "Bagian dalam mesin transmisi mungkin sama, tapi wajah ini yang menjadi ciri khas Nissan, tidak akan hilang," ujar Presdir PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi di Jakarta.



Kesan Pertama Nissan Livina Rasa XpanderFoto: Roby Setiawan


Tidak seperti Xpander yang begitu banyak garis runcingnya dan terlihat agresif, Nissan membuat Livina yang lebih kalem. Mungkin itu berkat penerapan grille berdesain V khas Nissan. Grille berbentuk oktagonal dengan lengkungan krom berbentuk V di bawahnya. Tidak seperti Xpander yang bertingkat-tingkat. Di bagian tengah ada logo bulat Nissan.

Meski lampu utama dan lampu seinnya relatif sama, namun untuk lampu DRL dan fognya berbeda. Lampu LED di Livina terlihat lebih berkelas karena penggunaan bumerang LED.

Kesan Pertama Nissan Livina Rasa XpanderFoto: Rifkianto Nugroho


Lampu fognya tidak seperti Xpander yang bulat, di Livina lampunya berbentuk persegi. Sementara bagian belakang tak terlalu kentara perbedaannya. Bagian lampu belakang dan fender bawah saja yang mengalami perubahan.



Ke bagian interior, Nissan menyebut kursi atau joknya menggunakan jok kulit premium. "Joknya paling bagus di kelasnya, nyaman," sebut Sekiguchi.

Sementara untuk dasbor juga relatif sama, hanya beda warna aksen kulit dan warna aksen kayu saja. Selebihnya seperti panel AC, transmisi semua sama. Pada setirnya juga kita akan menemukan tombol pengatur audio dan telepon yang sama dengan Xpander.

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed