Selasa, 12 Feb 2019 16:39 WIB

Nasib Mobil Kembar di Indonesia, Banyak yang Gugur

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mazda VX-1, kembaran Suzuki Ertiga yang sudah disuntik mati. Foto: Dok. Mazda Mazda VX-1, kembaran Suzuki Ertiga yang sudah disuntik mati. Foto: Dok. Mazda
Jakarta - Di Indonesia, ada beberapa mobil yang dijual kembar tapi dengan logo merek yang berbeda. Contoh paling gampang dilihat adalah si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Tak cuma Avanza dan Xenia, ke depan akan ada lagi mobil yang kembar. Mereka adalah Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina. Kedua mobil itu akan menjadi mobil kembar hasil kolaborasi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Sebelumnya, ada beberapa mobil kembar dari pabrikan berbeda. Selain Avanza-Xenia dan Xpander-Livina ada Rush-Terios, Agya-Ayla, Calya-Sigra, Maven-APV, Ertiga-VX-1 dan Carry-T120SS. Bagaimana nasib mobil-mobil kembar itu di Indonesia?



Dilihat dari data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), beberapa mobil kembar di Indonesia masih bertahan seperti Avanza-Xenia, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra. Mobil itu bahkan masuk dalam daftar 20 mobil terlaris di Indonesia.

Namun, beberapa mobil kembar lainnya malah gugur. Mitsubishi Maven yang menjadi kembaran Suzuki APV, misalnya, hanya bertahan 7 tahun. Penjualan mobil itu tidak banyak-banyak amat. Selama tujuh tahun dari 2005 dan tamat tahun 2011, Mitsubishi melepas 3.537 unit.

Nasib Mazda VX-1 lebih tragis lagi. Versi rebadge dari Suzuki Ertiga itu hanya aktif selama tiga tahun dari 2013 sampai 2015. Penjualannya juga tidak banyak. Data Gaikindo mencatat penjualan Mazda VX-1 hanya 1.640 unit.



Sementara pikap kembaran Suzuki Carry yang di-rebadge menjadi Mitsubishi T120SS telah disuntik mati oleh Mitsubishi belum lama ini. Tahun ini, pikap dengan logo tiga berlian tersebut tidak dijual lagi. Dilihat dari penjualannya, T120SS tidak kecil-kecil banget. Tahun 2018, menurut data Gaikindo, Mitsubishi melepas 9.504 unit T120SS versi pikap.

Lantas bagaimana nasib Nissan Livina yang akan menjadi kembaran Mitsubishi Xpander? Akankah nasibnya secemerlang mobil kembar hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu seperti Avanza-Xenia?

Kita bisa lihat pembuktiannya setelah Livina terbaru resmi diluncurkan. Gosipnya, Nissan Livina akan meluncur Februari ini. Artinya, dalam waktu dekat mobil itu bisa dilihat langsung secara resmi.


Simak Juga 'Beredar Bocoran Tampang Baru Avanza-Xenia 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed