ADVERTISEMENT
Selasa, 12 Feb 2019 10:40 WIB

Agar Pemotor Tak Masuk Kolong Truk saat Kecelakaan

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta - Truk seringkali menjadi kendaraan yang menyebabkan kecelakaan yang membahayakan pengendara sepeda motor. Meskipun kerap kali kecelakaan disebabkan kelalaian pemotor, untuk mengurangi dampak yang dihasilkan ada beberapa hal yang bisa ditambahkan pada truk.

Seperti yang dilakukan oleh produk truk Hino untuk setiap produk baru kini ditambahkan dengan side guard atau pelindung bagian samping. Penambahan pelindung ini dapat mencegah kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan pemotor masuk ke bawah truk.



"Masalah fitur ini praktis untuk keamanan supaya kejadian sepeda motor masuk ke kolong truk berkurang. Penambahan ini juga merupakan aturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah," ujar Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo dalam konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain penambahan side guard tersebut beberapa varian baru seperti Hino New Generation dan Hino New Dutro juga ditambahkan rear camera. Fitur ABS pun siap ditambahkan jika ada konsumen yang membutuhkan.



"Rear camera juga memudahkan untuk mundur lebih mudah dan keamanan juga. Juga akan ada undermirror supaya fokus pandangan ke belakang ditambah," katanya.

Untuk ABS sendiri salah satu konsumen Hino yang menggunakannya adalah Pertamina. Namun Santiko menegaskan masalah keamanan tidak selalu mengandalkan teknologi sebuah kendaraan melainkan lebih kepada kemampuan pengemudinya.

"ABS itu memang permintaan dari Pertamina dengan alasan safety. Kalau untuk jaminan aman ini tidak melulu tergantung sopir dan bagaimana perawatannya," pungkas Santiko.




Simak juga video 'Truk Bonyok Ditimpa Helikopter di Brasil':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com