Selasa, 12 Feb 2019 07:27 WIB

Berita Terpopuler

Bocor! Ini Wujud Nissan Livina Berbodi Xpander

Dina Rayanti - detikOto
Nissan berbodi Xpander. Foto: Internet/Istimewa Nissan berbodi Xpander. Foto: Internet/Istimewa
Jakarta - Sedikit demi sedikit informasi terkait Nissan Livina terbaru mulai terkuak. Generasi terbaru Livina berbasis Xpander itu baru saja tertangkap kamera sedang diuji di jalan.

Foto-foto Livina berbasis Xpander tersebut sudah tersebar luas di sosial media. Dibandingkan model pendahulunya, jika itu benar Livina generasi terbaru bentuknya sangat identik dengan Xpander.


Hanya bagian depan, Nissan tetap mempertahankan ciri khasnya. Nissan tak meninggalkan grille V-motion yang juga tersemat pada model lain. Ada lis krom yang begitu kentara dari bagian bawah mobil dari depan sampai belakang.

Sedangkan pada bagian belakang, lampunya sangat mirip dengan Xpander.

Seperti diketahui Nissan sudah memastikan bakalan memproduksi MPV terbaru berbasis Xpander namun masih menutup rapat kapan akhirnya mobil bisa dirilis ke pasaran.

Tentunya dengan melihat Livina terbaru itu sudah wara-wiri di jalan, mungkin tidak lama lagi Livina versi terbaru bakal mengaspal. Nissan sendiri dalam beberapa tahun cukup pelit meluncurkan mobil baru.


Nissan Grand Livina sendiri sudah 11 tahun berkiprah di Indonesia tepatnya mulai 2007. Tetapi Nissan tak banyak mengubah bentuk Livina dari tahun ke tahunnya.

Merujuk pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), Nissan pernah mencicipi manisnya menjual Grand Livina mulai tahun 2008 hingga 2013.

Rekor penjualan Grand Livina terbanyak dalam setahun mencapai 35.422 unit. Beberapa tahun setelahnya angka tersebut terus menurun. Bahkan tahun 2018, menjual 5.000 unit Grand Livina dalam setahun pun sulit dilakukan Nissan.

Nissan tercatat hanya mendistribusikan 2.437 unit Grand Livina. Membandingkan dengan mobil terlaris se-Indonesia Toyota Avanza, jualan Grand Livina tak ada apa-apanya. Avanza dalam satu tahun membukukan 82.167 unit.


Padahal tahun 2010, Grand Livina mampu berada di atas Rush, APV, Yaris, CR-V, dan Terios. Dalam waktu dekat Nissan memang dikabarkan bakal memiliki MPV terbaru berbasis Xpander. Kehadiran MPV Nissan rasa Xpander itu cukup membuat penasaran.

Nissan memang sudah memastikan bakalan memproduksi mobil terbaru berbasis Xpander sebagai salah satu hasil dari aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi. Jika nanti mobil meluncur, bisa mendulang kesuksesan seperti Xpander atau tidak ya? Apalagi masyarakat Indonesia cenderung suka dengan model baru. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed