Senin, 11 Feb 2019 18:42 WIB

Kapan Suzuki Jual Jimny di Indonesia?

Dina Rayanti - detikOto
Suzuki Jimny. Foto: Rachman Haryanto Suzuki Jimny. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tujuh bulan lalu, Suzuki telah memamerkan Jimny di lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Sayangnya, hingga saat ini Jimny tak kunjung dijual oleh Suzuki di Indonesia.

Di negara asalnya Jepang, Jimny sudah meluncur sejak Juli 2018. Suzuki memang merombak desain Jimny sehingga tampak lebih kekar. Desain eksterior baru membuat tampilan Jimny lebih gahar. Jimny tampak seperti Mercedes-Benz G-Class versi mini.


Hal itulah salah satunya yang membuat banyak orang kepincut akan Jimny baru. Di beberapa negara, diler-diler Suzuki bahkan kewalahan memenuhi permintaan masyarakat akan Jimny. Tak cuma itu, dalam pameran modifikasi mobil Jepang Tokyo Auto Salon pertengahan Januari lalu Jimny menjadi model yang paling banyak dimodifikasi.

"Belum, belum rampung yang Jimny. Masih ditunggu dulu ya," ucap Section Head Product Development Divisi Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel saat dihubungi detikOto, Senin (11/2/2019).

Suzuki memang saat pameran GIIAS lalu menyebut sengaja memajang Jimny untuk mendapat masukan dari masyarakat Indonesia. Sehingga ketika Jimny nantinya dijual, sudah sesuai dan memenuhi kebutuhan orang Indonesia.


"Memang Jimny ini tujuan kami mau mendengar pendapat dari masyarakat Indonesia apakah oke kah, berapakah produksinya jadi kami mau studi," jelas Presiden Direktur Suzuki Indomobil Sales Seiji Itayama.

Suzuki terbilang niat saat melakukan permak pada Jimny. Selain tampilan eksterior yang didandani, dapur pacunya pun mengusung mesin baru.

Mesin tersebut adalah K15B yang memang baru dikembangkan. Selain Jimny, rupanya mesin ini juga ada dibalik kap Ertiga. Mesin K15B dari Suzuki ini diklaim memberikan efisiensi bahan bakar yang baik serta tenaga dan torsi yang lebih besar daripada mesin K14B.


Mesin K15B di Jimny bisa menghasilkan tenaga setara dengan 75 kW pada rpm 6.000 dan torsi maksimum 130 Nm pada rpm 4.000. Sedikit berbeda dari Ertiga yang bisa menghasilkan tenaga 77 kW di rpm 6.000 dan torsi 138 Nm pada rpm 4.400. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya