Selasa, 05 Feb 2019 20:08 WIB

Lahirnya Xpander Bikin Mobkas Mobilio Cs Nggak Dilirik

Rizki Pratama - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Ari Saputra Mitsubishi Xpander. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Meski terhitung baru di pasar Low MPV Indonesia, Xpander ternyata berhasil mengguncang pemain yang sudah lebih dulu masuk di pasar ini. Bahkan mobil sejuta umatnya Avanza berhasil dipepet, jika melihat angka penjualan pada tahun 2018 lalu.

Namun efek Xpander ini ternyata tidak hanya dirasakan pada bisnis mobil baru. Penjual mobil bekas pun sempat merasakan sulitnya menjual mobil mereka karena hadirnya mobil tersebut.


Mitsubishi dinilai memberikan harga yang tepat pada Xpander, sesuai fitur namun tidak terlalu mahal. Hal itu membuat konsumen lebih memilih untuk membeli mobil tersebut daripada mencari mobil bekas.

"Waktu Xpander keluar itu bisnis mobil bekas lumayan susah, soalnya Xpander dengan spesifikasi seperti itu dijual dengan harga murah, hasilnya mobil-mobil seken seperti mobilio dan kawan-kawan nggak dilirik lagi bekasnya. Orang-orang tentu dengan harga dan fitur Xpander itu akan lebih memilih untuk menyicil mobil tersebut meski dengan harga sedikit lebih tinggi," ungkap Marketing Manager Berkah Jaya Mobilindo (BJM), Sonny saat ditemui di Showroomnya (4/1/2019).


Di sisi lain permintaan Xpander yang tinggi membuat harga jual mobil tersebut di bekas masih bisa dipertahankan di angka yang mendekati harga barunya pada saat itu. Hal ini paling tidak para penjual mobil bekas bisa meraup untung jika berhasil mendapatkan Xpander bekas.

"Saya akui memang harga jualnya masih tinggi. Saya pernah jual dua unit mobilnya ga sampai 2 hari di showroom udah laku. Padahal beda harga cuma 10 jutaan dibanding dengan yang baru," kata Sonny.

Tingginya permintaan Xpander di pasar bekas juga didukung dengan lamanya masa inden sehingga banyak orang yang masih berminat jika mobil tersebut dipajang di pasar mobil bekas.


"Dulu indennya lama kan, jadi Xpander yang masih baru paling belum ada setahun pasti kondisi masih bagus, orang mau beli dengan harga bersaing dengan harga baru," pungkas Sonny. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com