Selasa, 05 Feb 2019 15:52 WIB

Mobil China Masih Langka di Pasar Mobkas

Rizki Pratama - detikOto
Wuling Confero. Foto: Rengga Sencaya Wuling Confero. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta - Penjualan sebuah mobil baru berbanding lurus dengan ketersediaan mobil bekas di pasarnya. Semakin banyak mobil baru yang laku maka kemungkinan besar stok mobil tersebut di pasar mobil bekas akan turut meningkat.

Namun lain cerita saat bicara mobil China Wuling. Mengisi pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2017, mobil bekasnya bisa dibilang masih langka. Bahkan masih ada di antara pelaku bisnis yang masih awam dengan merek tersebut saat detikOto jalan-jalan menelusuri sejumlah diler mobil bekas.


"Wuling? Mobil China? Saya belum pernah dengar mobil itu. Di sini kita jual mobil Jepang atau Eropa. Paling banter di luar itu mobil Korea seperti Kia atau Hyundai," ujar salah seorang petugas sales di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara (2/1/2019).

Di antara para penjual tersebut ada juga yang sudah mengenal namun belum memiliki rencana untuk ikut memasarkan produk tersebut. Pasalnya masih belum cukup umum di pasar Indonesia sehingga mempengaruhi strategi bisnis mereka.

"Kalau saya lihat wajar saja di sana masih belum jual Wuling bekas, mereka main aman pastinya persaingan di sana (WTC Mangga Dua dan MGK Kemayoran) cukup ketat. Tapi kalau saya lihat beberapa tahun lagi Wuling bakal banyak di pasar bekas," ujat Marketing Manager ujar Marketing Manager Berkah Jaya Mobilindo (BJM), Sonny saat dikunjungi detikOto pada Senin (4/1/2019) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.


Tidak hanya dari sisi penjual, para konsumen masih banyak yang meragukan produk buatan Cina dengan stigma 'negatif'.

"Konsumen Indonesia kan masih banyak yang lihat produk dari China sebelah mata. Namun sebenarnya itu bisa diubah jika Wuling contohnya gencar membentuk image baru. Seperti hp saja yang sekarang malah laku kan," pungkas Sonny. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com