Senin, 04 Feb 2019 09:35 WIB

Baterai Remot TV Bisa Juga Lho untuk Menyalakan Mobil!

Rizki Pratama - detikOto
1.000 baterai untuk menyalakan sebuah mobil. Foto: Screenshot Youtube Garage ENG 54
Jakarta - Mungkin anda tidak pernah berpikiran baterai kecil pada remot TV atau AC yang anda gunakan setiap hari bisa memiliki tenaga besar. Namun bagaimana jika baterai kecil tersebut dikumpulkan dalam jumlah banyak untuk digunakan sebagai sumber listrik mobil alias aki?

Jawabannya tentu saja bisa, hal ini telah dilakukan oleh pemilik akun Garage 54 ENG di saluran streaming video Youtube.

Sebenarnya sudah banyak orang yang mencoba menyalakan mobil menggunakan baterai kecil sebelumnya seperti yang dilakukan oleh Popular Mechanic beberapa tahun lalu dengan menggunakan setidaknya 200 baterai.


Beberapa ada juga yang menukar aki yang sudah tidak menyala dengan segenggam baterai kecil saja untuk menyalakan mobil. Tentu saja instalasi ini tidak sama prosedurnya dengan mengganti aki biasa.

Kali ini percobaan ini akan dilakukan dengan jumlah baterai yang jauh lebih banyak, yaitu dengan total 1000 baterai. Bagi anda yang menonton video ini diingatkan untuk tidak mencobanya di rumah karena ini merupakan percobaan yang berbahaya.

Mungkin anda berpikir satu baterai kecil tidak akan membahayakan tetapi mengumpulkannya ke dalam satu wadah sebanyak 1000 buah tentu akan menghasilkan dampak yang beresiko besar.


Pada video diperlihatkan ribuan baterai tersebut dikemas dengan rapi ke dalam sebuah wadah yang dilapisi aluminium untuk mengalirkan energi. Lalu dengan penghubung seadanya 1.000 baterai tersebut dialirkan ke sistem kelistrikan dan hasilnya mobil menyala seperti biasa. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com