Sabtu, 02 Feb 2019 21:04 WIB

'Mobil Rakyat' Pertahankan Titel Raja Dunia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Logo mobil VW Foto: Dadan Kuswaraharja Logo mobil VW Foto: Dadan Kuswaraharja
Tokyo/Paris/Wolfsburg - Produsen mobil Jerman Volkswagen mempertahankan mahkota penjualan mobil dunia terbanyak pada tahun 2018 lalu. 'Si Mobil Rakyat' mampu mengalahkan pesaing beratnya seperti aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi dan Toyota Group.

Sepanjang tahun 2018 lalu, VW menjual 10,8 juta kendaaan. Angka itu naik 0,9 persen dibanding tahun sebelumnya. VW sepertinya sudah mulai pulih dari skandal dieselgate yang mempengaruhi citra VW di mata konsumen.



Mobil-mobil VW yang laku keras adalah model-model SUV (Sport Utility Vehicle). Merek di bawah naungan VW seperti Škoda, Seat, Porsche dan Lamborghini malah mencetak rekor penjualan.

"Meski mencetak rekor baru bukan tujuan utama, kami senang dengan hasil ini. Terutama di paruh kedua, dimana sangat berat untuk kami," ujar Kepala Penjualan VW Christian Dahlheim.

Sementara aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi kembali berada di urutan kedua dengan selisih angka penjualan yang tipis. Aliansi menjual 10,76 juta kendaraan di seluruh dunia. Mobil buatan Aliansi yang sukses di pasaran adalah Renault Clio, Captur dan Sandero, Nissan X-Trail/Rogue, Nissan Sentra/Sylphy dan Mitsubishi Eclipse Cross dan Xpander.



Sedangkan Toyota harus kembali puas berada di urutan ketiga dengan angka penjualan mencapai 10,594 juta unit. Toyota tidak sanggup meningkatkan posisinya meski secara keseluruhan penjualan mereka naik 2 persen tahun lalu.


Bagaimana dengan raksasa mobil lainnya seperti GM? GM pernah menjual 10 juta kendaraan pada tahun 2016, namun mereka kemudian mengalami penurunan penjualan setahun sebelumnya. GM baru merilis angka penjualan tahun 2018 di pekan depan, namun mereka sebelumnya menaksir akan menjual 8,4 juta kendaraan.

Sebagai perbandingan, tahun 2017, Volkswagen menjual 10,74 juta mobil di seluruh dunia sementara Renault-Nissan-Mitsubishi tercatat menjual 10,61 juta mobil, sedangkan Toyota menjual 10,386 juta unit mobilnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed