Bakal Ada Taksi Listrik di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 01 Feb 2019 11:41 WIB
SPLU PLN untuk Kendaraan Listrik. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Era kendaraan listrik semakin terwujud di Tanah Air, pemerintah Indonesia juga tengah mempersiapkan paket regulasi keberadaan mobil listrik di Indonesia. Begitu pun dari sektor transportasi.

Salah satu perusahaan taksi di Indonesia, Bluebird, tengah bersiap menggunakan armada taksi berbasis mobil listrik.



Hal ini diketahui dari Division of Engineering and Procurement Planning PT PLN, Zainal Arifin usai diskusi Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia, di The Breeze, BSD, Tangerang Selatan beberapa hari lalu.

"Mereka sudah berencana mau coba taksi listrik mobilnya BYD. Saya dengar-dengar rencana tahap awal 100 unit dulu. Jadi Bluebird pesan (charging station) dengan PLN," ujar Zainal kepada wartawan.



Dalam pemaparannya sebagai contoh, PLN menyediakan showcase Electric Vehicles Charghing Stasion di beberapa titik, khususnya Jakarta dan Bali. Termasuk Bluebird yang memesan kepada PLN yang dipasang di salah satu pool terbesar di Jakarta.

"Mereka sudah pesan, memang mau coba untuk dijadikan armada taksi listrik. Untuk unitnya pakai BYD," sambung Zainal.

Belum diungkapkan model BYD apa yang bakal digunakan Bluebird. Namun seperti diketahui, BYD Auto Corporation adalah sebuah perusahaan otomotif yang sudah berdiri sejak 2002 di Xi'an, Shaanxi, China. Awalnya, mereka adalah sebuah perusahaan mobil, bus, sepeda listrik, truk, dan baterai isi ulang.



Simak juga video 'Kementerian ESDM Dorong Implementasi Kendaraan Listrik di RI':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)