Senin, 28 Jan 2019 07:57 WIB

Tips Beli Mobil Klasik Jerman

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Sebagian orang memiliki kecenderungan menyukai kendaraan tua yang masuk dalam kategori klasik. Bahkan tidak hanya sebagai koleksi, mobil klasik seringkali menjadi pilihan untuk sarana transportasi sehari-hari.

Salah satu mobil klasik yang paling sering dicari dan masih banyak digunakan adalah mobil buatan Jerman seperti BMW dan Mercedes-Benz. Di Indonesia sendiri populasi mobil tersebut cukup banyak ditemukan dan dikenal di dalam negeri.



Namun berbeda dengan membeli mobil baru, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membeli mobil klasik. Poin utama yang paling perlu diteliti adalah bagian interior.

"Beli mobil klasik itu yang susah ada bagian interior. Jadi perintilan detil itu harus yang sempurna karena udah tua bisa kampakan," ujar Founder Bimmer Benz Indonesia (BBI), Pae Bowo saat ditemui di ulang tahun BBI ke-2 di Kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.



Berbeda dengan interior, di balik kap atau mesin justru bukan masalah yang terlalu krusial dalam pertimbangan membeli mobil klasik Jerman. "Mesin itu malah gampang, banyak cara dan bengkel yang bisa mengatasinya, tapi kalau interior itu susah," lanjut Bowo.

Selain itu hal sulit saat membeli mobil klasik adalah mobil yang tidak lengkap surat dan legalitasnya. "Yang susah dari mobil tua itu adalah mobil zaman dulu nggak ada suratnya dan dibikin sekarang. Itu yang paling susah," pungkas Bowo.




Simak juga video 'Menyaksikan Deretan Legenda Mobil Klasik':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com