Jumat, 18 Jan 2019 16:26 WIB

Calon MPV Baru Nissan Sanggup Nggak ya Saingi Avanza-Xpander?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Nissan
diketahui bakalan memiliki mobil MPV baru tahun ini. Hal itu pun sudah diamini oleh pihak Nissan di Indonesia meski tak menyebut secara spesifik waktu peluncuran.

"Kita memang pernah mengumumkan akan mengeluarkan mobil baru (LMPV) karena memang itu salah satu strategi kita. Cuma sekarang informasinya saat ini tidak bisa lebih dari itu," kata Hana di Jakarta.

"Ya, bisa seperti itu (kembaran 'Xpander' datang untuk menantang Avanza dan Xenia baru-Red). Sesuai dengan yang saya ucapkan sebelumnya saja bahwa Nissan Indonesia memiliki rencana jangka menengah dan panjang di Indonesia. Ada 3 strategi yang kita miliki, pertama adalah product offensive dimana kita akan meluncurkan produk-produk baru di Indonesia termasuk SUV maupun MPV," lanjutnya.


MPV Nissan akan menggunakan basis yang sama dengan pendatang baru Mitsubishi Xpander. Dibanding Mitsubishi, Nissan terhitung lebih dulu menghadirkan MPV lewat Grand Livina.

Grand Livina pun sempat menjadi MPV idaman orang Indonesia beberapa tahun silam. Sayangnya, Grand Livina tak mampu mempertahankan penjualannya sehingga harus kalah bersaing dengan para pendatang baru. Grand Livina juga tidak banyak mengalami ubahan besar dari sejak peluncuran perdananya.

MPV Nissan berbasis Xpander tentunya diharapkan bisa mengikuti jejak sang saudara Mitsubishi Xpander. Mitsubishi merupakan pemain baru pada segmen Low MPV. Namun dalam setahun penjualan Low MPV-nya bisa membayangi MPV terlaris Toyota Avanza.


Padahal sebelumnya belum ada MPV baru yang bisa menyaingi Avanza sekalipun harganya lebih murah. Nissan mungkin bisa mencontek strategi Mitsubishi dalam menjajakan Xpander.

Sehingga kesuksesan akan Grand Livina bisa terulang saat mobil nantinya meluncur bahkan menyaingi mobil sejuta umat Avanza-Xenia. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed