Jumat, 18 Jan 2019 10:25 WIB

Volkswagen dan Ford Bikin Mobil Listrik Bareng

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Demi mendapatkan efisiensi produksi dan menciptakan produk yang lebih berkualitas, kerja sama antarperusahaan atau aliansi di industri otomotif kerap terjadi. Kali ini kabar terbaru datang dari salah satu raksasa otomotif Eropa, Volkswagen AG dan Ford Motor Company.

Aliansi Volkswagen dan Ford merupakan respons dari pasar yang kian ketat dan terus berubah. Oleh karena itu, mereka berupaya untuk dapat berinovasi secara cepat dan lebih kuat yang hasilnya mampu bersaing.

Chief Execeutive Officer (CEO) Ford, Jim Hackett sebagaimana dilansir Carscoops mengatakan, seiring berjalannya waktu, aliansi ini akan membantu kedua perusahaan menciptakan nilai mutu serta memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat.


"Ini tidak hanya akan mendorong efisiensi yang signifikan dan membantu kedua perusahaan meningkatkan performanya, tetapi juga memberi kita kesempatan untuk berkolaborasi dalam membentuk era mobilitas di masa mendatang," katanya.

Sementara itu, CEO Volkswagen AG, Dr. Herbert Diess memaparkan bahwa Volkswagen dan Ford akan memanfaatkan sumber daya kolektif, kemampuan inovasi dan posisi pasar yang saling melengkapi untuk melayani jutaan pelanggan dengan lebih baik di seluruh dunia.

"Pada saat yang sama, aliansi ini akan menjadi landasan bagi upaya kami untuk meningkatkan daya saing," ucap Diess.


Pada tahap awal, aliansi ini akan diwujudkan dalam bentuk kendaraan niaga. VW maupun Ford akan mengembangkan pikap ukuran sedang dan Van komersial yang akan diluncurkan ke pasar otomotif global pada tahun 2022.

Selanjutnya, VW dan Ford juga akan menandatangani nota kesepahaman untuk berkolaborasi pada model kendaraan otonom, layanan mobilitas dan kendaraan listrik. Namun mereka tak menutup kemungkinan akan adanya perkembangan di kerja sama ini. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed