Kamis, 17 Jan 2019 12:19 WIB

Kesempatan Toyota Supra Mendarat ke Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Supra Foto: Toyota Toyota Supra Foto: Toyota
Jakarta - Toyota secara global baru saja meluncurkan mobil sport terbaru, yaitu Toyota Supra yang dihidupkan kembali. PT Toyota-Astra Motor (TAM) bicara soal kesempatan membawa mobil itu ke Indonesia.

Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi, mengatakan pihaknya telah melakukan permohonan kepada principal Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang untuk membawa Supra ke Indonesia. Dia mengakui, segmen mobil sport di Indonesia memang tidak besar.

"Tapi kita pasti studi lah soalnya udah banyak suara-suara konsumen dan diler kita, jadi kita lagi bicara sama principal," kata Anton kepada detikOto.



Dulu, kata Anton, Toyota juga terkenal dengan mobil sportnya. Beberapa waktu lalu, mobil sport Toyota cukup booming seperti Celica, Supra, hingga MR2.

"Nah konsumen-konsumen seperti ini yang senang dan hobi mereka menanyakan terus kapan mengeluarkan (Supra) lagi," kata Anton.

Di Indonesia, Toyota juga menawarkan salah satu mobil sportnya, yaitu Toyota 86. Menurut Anton, meski tidak banyak, permintaan akan mobil sport tersebut di Indonesia masih ada.

"Untuk Supra, timing-nya kita masih nunggu dari principal karena memang ini kan global model dan diproduksi CBU, jadi masih butuh waktu. Mudah-mudahan bisa di-approve segera lah," harap Anton.



Dilansir situs resmi Toyota Jepang, mobil yang akan dijual di Jepang pada pertengahan 2019 ini disebut mengalami berbagai ubahan sehingga menambah pengalaman berkendara. Diketahui, Toyota GAZOO Racing merupakan sebuah divisi balap Toyota yang unjuk gigi di Nürburgring 24 Jam pada tahun 2007 lalu. Setelah melewati pengalaman tersebut, terbuatlah ide untuk menghidupkan kembali Toyota Supra dalam bentuk 'GR Supra' sebagai sebuah mobil yang orang-orang di dunia akan menemukan kesenangan tersendiri.

Supra diperkenalkan pertama kali oleh Toyota pada tahun 1978. Ubahan terus dilakukan hingga akhirnya 'istirahat' di tahun 2002. Setelah 17 tahun dilalui, akhirnya Supra generasi kelima dihadirkan.

Berbagai ubahan tentu sudah dilakukan pihak Toyota mulai dari mesin enam silinder segaris, keseluruhan desain dan platform, dan lain sebagainya. Namun dikatakan, Toyota Supra terbaru memiliki jiwa sporty yang kental sebab wheelbase, tapak, dan pusat gravitasi sangat tepat sehingga mencapai kinerja yang optimal sebagaimana mobil sport murni. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed