Kamis, 17 Jan 2019 09:12 WIB

Toyota Supra Akhirnya Unjuk Diri

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Supra. Foto: Toyota Motor Corporation Toyota Supra. Foto: Toyota Motor Corporation
Jakarta - Setelah lama dinanti, Toyota Motor Corporation (Toyota) akhirnya menampakkan Supra Terbaru di North American International Auto Show, Detroit. Supra terbaru tersebut adalah model global pertama dari seri mobil sport GR Toyota GAZOO Racing.

Dilansir situs resmi Toyota Jepang, mobil yang akan dijual di Jepang pada pertengahan 2019 ini disebut mengalami berbagai ubahan sehingga menambah pengalaman berkendara. Diketahui, Toyota GAZOO Racing merupakan sebuah divisi balap Toyota yang unjuk gigi di Nürburgring 24 Jam pada tahun 2007 lalu.

Setelah melewati pengalaman tersebut, terbuatlah ide untuk menghidupkan kembali Toyota Supra dalam bentuk 'GR Supra' sebagai sebuah mobil yang orang-orang di dunia akan menemukan kesenangan tersendiri.


"Kembali pada hari itu, saya juga menghabiskan waktu berjam-jam mengendarai Supra jadul di Nürburgring untuk jadi pengemudi utama. Jadi, bagi saya Supra adalah teman lama yang menempati tempat spesial di hati saya," kata Presiden Toyota, Akio Toyoda.

"Ketika Toyota tidak memiliki memiliki rencana untuk membuat Supra baru, saya dan mungkin beserta penggemar berat Supra lainnya di seluruh dunia ingin mewujudkannya (memproduksi Supra baru). GR Supra baru lahir melalui pengujian di Nürburgring dan saya katakan dengan jujur bahwa, Supra yang sekarang menyenangkan dan lebih baik daripada sebelumnya," lanjutnya.

Supra diperkenalkan pertama kali oleh Toyota pada tahun 1978. Ubahan terus dilakukan hingga akhirnya 'istirahat' di tahun 2002. Setelah 17 tahun dilalui, akhirnya Supra generasi kelima dihadirkan.


Berbagai ubahan tentu sudah dilakukan pihak Toyota mulai dari mesin enam silinder segaris, keseluruhan desain dan platform, dan lain sebagainya. Namun dikatakan, Toyota Supra terbaru memiliki jiwa sporty yang kental sebab wheelbase, tapak, dan pusat gravitasi sangat tepat sehingga mencapai kinerja yang optimal sebagaimana mobil sport murni.

"Dalam membuat mobil sport murni kami berangkat dari kesenangan berkendara maksimum. Daripada hanya berfokus ke hal yang spesifik seperti tenaga kuda dan circuit lap times, kami menekankan pada sensitivitas performa. Seperti, mengemudi yang lebih nyaman dan menyenangkan dan membuat mobil-pengemudi menjadi satu," ucap Kepala Insinyur Toyota, Tetsuya Tada. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed