Rombak Kaki-kaki, Avanza Baru Lebih Stabil

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 16 Jan 2019 19:30 WIB
New Avanza dan New Veloz 2019 resmi meluncur di Indonesia Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Toyota Astra Motor memberikan sentuhan baru pada sisi eksterior dan interior New Avanza-Veloz 2019. Lebih dari itu, Avanza 2019 diklaim lebih stabil dalam kecepatan tinggi ketimbang versi sebelumnya.

Informasi ini didapatkan saat peluncuran di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan. Sore hari setelah meluncur, komunitas diundang untuk diberikan paparan ubahan anyar pada sistem kemudi yang program ulang dan merombak sektor kaki-kaki yang membuat Avanza lebih stabil.

"Improve-nya banyak seperti EPS (Electronic Power Steering) nya sekarang di program ulang jadi pada saat kecepatan rendah itu dia lebih ringan, untuk keselamatan dan kenyamanan juga, pada saat parkir kalau stirnya berat tidak akan fokus kan? karena lebih fokus ke tenaga, jadi sekarang dengan ringannya kemudi dibantu dengan kamera belakang, pengemudi lebih aman dan nyaman," ujar perwakilan dari pihak Toyota Astra Motor, Harry Priono.
EPS disebut telah diatur ulang untuk memudahkan kontrol saat mobil melaju pelan dan tetap stabil pada kecepatan tinggi.

"Pada saat kecepatan tinggi juga akan mengikuti kecepatan dan lebih stabil, ini untuk semua varian Avanza dari E sampai Veloz," tambah Harry.

Pada kesempatan sebelumnya Excecutive Chief Engineer New Avanza dan Veloz, Kazutoshi Sakamoto juga sudah menyebut bahwa telah memperbaharui sektor kaki-kaki.

"Untuk menambah kenyamanan kami tingkatkan kemampuan suspensi pada bagian coil spring dan shock absorber," ujar Sakamoto.
Lebih lanjut, Harry melanjutkan ubahan yang terjadi pada sektor kaki-kaki meliputi bushing strut bar, bushing swing arm, dan bushing lateral rod dibuat lebih padat dan rigid.

"Kemudian dari kaki-kaki, dari shockbreaker depan dan belakang di-improve pada coil spring, jadi lebih meredam kejutan yang signifikan sehingga membuat nyaman penumpang di dalam kabin, ubahan pada coil spring sepaket sehingga daya puntir dibuat lebih kecil jadi lebih cepat meredam getaran atau kejutan-kejutan dari jalan yang tidak rata atau semacamnya," ujar Harry.

"Level shockbreaker antara medium ke hard, jadi tengah-tengah, karena ubahan di sektor kaki-kaki tidak hanya mengganti shockbreaker tetapi juga dibantu dengan improve coil spring agar tidak jomplang, lower arm, bushing-bushingnya, bagian karet materialnya dibikin lebih padat," jelas Harry.

Tonton video review Toyota Avanza Veloz 2019

[Gambas:Video 20detik]

(riar/ruk)