Avanza 2019 Dibilang Mirip Xpander, Toyota: Inspirasi Kami Sendiri

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 15 Jan 2019 13:06 WIB
Avanza Foto: Ari Saputra
Jakarta - Toyota Avanza 2019 resmi diluncurkan, mobil sejuta umat ini mendapat penyegaran terutama di bagian eksterior facia depan. Terlihat rumah lampu kabut juga memiliki desain lebih mengotak seperti lampu utama pesaingnya Mitsubishi Xpander.

Menanggapi hal tersebut Direktur Marketing Toyota-Astra Motor Anton Jimmy mengatakan ubahan yang dilakukan berdasarkan survei panjang yang telah dilakukan dan inspirasi desain datang dari produk Toyota sendiri.



"Jadi kalau mengenai desain banyak pendapat, secara point of view kita ingin meneruskan DNA dari Avanza, sebenarnya model ini datang dari produk Toyota sendiri dari Vellfire atau Voxy, tren yang ada di Indonesia, dan kita ingin mempertahankan ciri khas dari Toyota," ujar Anton Jimmy saat peluncuran Avanza 2019 di Fairmont Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Sempat disinggung Toyota Avanza 2019 tetap membawa DNA dari versi yang lama, yakni menggunakan roda penggerak belakang, ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan kompetitornya. Seperti yang diungkapkan oleh Kazutoshi Sakamoto selaku Executive Chief Engineer New Avanza & Veloz.

"Kami memikirkan desain dengan survei memakan waktu begitu banyak, untuk memastikan para costumer Avanza dan Veloz seperti apa," ujar Sakamoto.



"Dikembangkan khusus indonesia, seperti yang diketahui jalan di Indonesia banyak menanjak, banjir, lebar dan sempit," tambah Sakamoto.

Toyota menawarkan beberapa pilihan Avanza 2019. Ada Avanza 2019 dengan mesin 1.300 cc, ada pula yang bermesin 1.500 cc. Sama seperti pendahulunya, Avanza 2019 masih menggunakan mesin dengan teknologi Dual VVT-i.



Adapun pilihan Avanza 2019 antara lain 1.3E M/T (transmisi manual), 1.3E A/T (transmisi otomatis), 1.3G M/T, 1.3G A/T, dan 1.5G M/T. Sementara model tertingginya, Veloz 2019 memiliki tipe 1.3 M/T, 1.3 A/T, 1.5 M/T, dan 1.5 A/T.

Sementara varian warna Avanza 2019 tersedia, yakni Black Metallic, Bronze, Dark Blue, Dark Red Mica Metallica, Silver Metallic, dan White.

[Gambas:Video 20detik]


(riar/ddn)