Senin, 14 Jan 2019 12:12 WIB

Profil Mobil Baru

Spek dan Harga Mobil Eks Menteri Toyota Camry

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Camry Foto: Toyota Toyota Camry Foto: Toyota
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Toyota pekan lalu merilis mobil yang pernah dipakai kalangan menteri di Indonesia, Toyota Camry. Model sedan mewah ini hadir dengan sejumlah pembaruan.

All New Camry di global adalah generasi ke-8 terhitung sejak generasi pertama diluncurkan pada 1982 dengan angka penjualan sudah mencapai lebih dari 18 juta di 100 negara. Camry masuk ke Indonesia pada 1999, dan berhasil menjadi market leader di kelasnya sampai saat ini. Pada 2012, Toyota juga telah mendatangkan Camry Hybrid dan juga tercatat sebagai mobil hybrid terlaris di pasar otomotif nasional.
Toyota Camry sudah menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architechture) yang diklaim Toyota membuat mobil lebih lincah. Selain itu mobil juga disebut lebih kokoh dan stabil. Mobil ini merupakan platform TNGA kedua yang dipasarkan Toyota di Indonesia setelah C-HR. TNGA adalah platform yang dikembangkan Toyota untuk kendaraan global untuk mencapai optimalitas keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas (stability), dan visibilitas (visibility).

Didukung platform TNGA, All New Camry hadir lebih kokoh dengan dimensi yang lebih besar, pusat grativitasi yang lebih rendah, dan kuda-kuda kontruksi menjadi lebih lebar dibandingkan pendahulunya.



All New Camry hadir dalam dimensi, panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan pendahulunya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya. Sementara itu, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya 1.470 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm dibandingkan sebelumnya.

Nuansa sporty menjadi semakin kuat dengan konstruksi All New Toyota Camry yang kini lebih lebar. Tidak hanya mengekspresikan stabilitas dan tangkas, konstruksi All New Camry juga menghadirkan rasa status yang tinggi pada kendara.

Interior All New Camry dirancang untuk menghadirkan nuansa yang lebih stylish, namun tetap mengedepankan kepraktisan. Interiornya memberikan kombinasi keluasan dan sporty. Disain kombinasi T shape dashboard yang disandang oleh model sebelumnya kini diganti dengan type cockpit dashboard pada All New Camry menjadikan interiornya lebih menarik.

Rancangan dashboard yang lebih ramping tidak hanya memberikan visibilitas yang lebih luas, juga membuat semua instrumen feature di ruang kabin dapat dijangkau dengan lebih mudah. Ruang kabin hadir dengan ruang kendaraan kelas mewah dengan layout yang mengalir. Pendekatan rancangan disain kabin diarahkan untuk memuaskan ekspektasi pelanggan terhadap mobil kelas atas.

Untuk kenyamanan, All New Camry menyajikan berbagai fitur berteknologi terkini seperti moon roof pada varian V dan Hybrid. Untuk audio, varian V dan G menggunakan layar touchscreen AVX 9 inch yang dilengkapi DVD/Radio/USB/AUX/HDMI/Bluetooth/ miracast/Internet dan 6 speakers.

Dua varian ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 4,2 inch yang menampilkan driving information, eco indicator, vehicle features, security system, dan tekanan angin pada ban (tire pressure).

Interior Toyota CamryInterior Toyota Camry Foto: Ari Saputra


Sistem pendingin untuk varian G dan V menggunakan sistem dual zone dengan kontrol terpisah untuk bagian depan (pengemudi) dan penumpang di bagian belakang. All New Camry juga dilengkapi wireless charger untuk varian V dan Hybrid.

Semua varian dilengkapi kursi berbahan kualitas terbaik dengan disain sporty. Yang tidak kalah penting, untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pengemudi, pedal akselerator didesain untuk memberikan kemudahan agar kaki bisa bergerak secara natural sehingga bisa menghasilkan respons terbaik dan lebih menyenangkan.

Camry hybridCamry hybrid Foto: Ari Saputra


Layaknya pada kendaraan kelas atas, All New Camry memberikan fitur keselamatan (safety) yang lengkap kepada penggunanya antara lain Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, di samping 7 airbags, ABS, EBD, BA, VSC dan HSA.

Sebagai penggerak, All New Camry varian G dan V menggunakan mesin 2AR-FE dengan 4 silinder dan kapasitas 2.494 cc. Output maksimun 183 ps/6.000 rpm dan torsi 23.9 kgm/4.100 rpm. Sedangkan untuk varian Hybrid menggunakan engine A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc dengan power maksimum 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi maksimum 22.5 kgm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, varian Hybrid menggunakan electric motor dengan power 20.6 kgm.

Selain kini dilengkapi moon roof, engine A25A-FXS yang disandang varian hybrid tergolong salah satu mesin dengan penggunaan bahan bakar terefisien di dunia.

Berada di atas varian G dan V, untuk memberikan kenyamanan lebih, All New Camry Hybrid dilengkapi advance audio system yang menggunakan AVN 8 inch touchscreen yang dilengkapi DVD/Radio/USB/AUX/Bluetooth/Miracast dan 9 speaker JBL Nano-E Air purifer yang menjamin kualitas kenyamanan.

Varian ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 7 inch dan Head Up Display (HUD) yang keduanya menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi.

Sistem pendingin menggunakan triple zone AC yang dilengkapi touchscreen control untuk kursi belakang. Pengendalian sistem pendingin bisa dilakukan secara terpisah sehingga baik pengemudi, penumpang bagian depan, maupun belakang dapat mengatur suhu sesuai dengan keinginannya.

Berikut daftar harga tiga tipe varian Camry:

  • Camry 2.5 G AT Rp 613,35 juta
  • Camry 2.5 V Rp 646,65 juta
  • Camry 2.5 L A/T Hybrid Rp 806,6 juta

Infografis Toyota Camry
Infografis Toyota CamryInfografis Toyota Camry Foto: Mindra Purnomo
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com