Jumat, 11 Jan 2019 12:00 WIB

Mau Ada Model Baru, Mobkas Avanza-Xenia Lama Tidak Berpengaruh

Ruly Kurniawan - detikOto
Avanza bekas (Foto: Pool) Avanza bekas (Foto: Pool)
Jakarta - Dalam waktu dekat, Toyota dan Daihatsu akan memperkenalkan model baru dari mobil keluarganya Avanza-Xenia. Memiliki berbagai perubahan, pemilik Avanza-Xenia lama disebut masih menahan diri.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, meski Avanza dan Xenia baru akan diperkenalkan pemilik model lama tidak lantas menjual mobilnya. Hal itu terbukti dari jumlah mobil yang masuk dalam pasar mobil bekas.



"Tidak, tidak berpengaruh (jumlah mobkas Avanza dan Xenia lama menjelang kedatangan model barunya)," katanya ketika dihubungi detikOto lewat sambungan telepon, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Lagipula, lanjut Herjanto, pembeli mobkas Avanza dan Xenia adalah orang di luar Jakarta. "Avanza dan Xenia itu kebanyakan yang beli di luar Jakarta. Kalau dahulu itu cepat masuk dan keluarnya (di pasar mobkas). Sekarang tidak banyak," ungkapnya.

"Kalau orang yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta, dia lebih mencari city car atau bila memang beli mobil keluarga, ia lebih condong ke Mitsubishi Xpander atau pesaing Avanza-Xenia lainnya," lanjut Herjanto.

Toyota dan Daihatsu rencananya akan memperkenalkan model baru dari Avanza-Xenia pada 15 Januari 2019 mendatang. Perubahan yang dilakukan oleh pabrikan raksasa asal Jepang itu tidak menyeluruh. Secara kasat mata perubahan nyata berada di eksterior depan dan belakang serta dalamnya.

Bagian depan, Toyota diberi sentuhan desain ala Toyota Voxy dan Vellfire. Hal ini bisa dilihat pada lampu yang bersusun dan sipit. Bagian grille pun dibuat bertingkat sehingga terkesan lebih mewah.

Sedangkan bagian belakangnya, terdapat perubahan pada desain lampu tepatnya di rumah lampu rem. Lis kromnya dibuat lebih tebal dibanding model lama. Bemper pun menjadi pemandangan baru yang lebih berlekuk.




Untuk bagian interior, perubahan besar terlihat dari Audio dan AC yang sudah digital. Toyota juga menyertakan fitur start/stop engine di model Avanza barunya.

Perubahan Daihatsu Xenia dapat dikatakan mirip-mirip dengan Avanza baru. Namun belum diketahui secara pasti ubahan yang terjadi di bagian interiornya. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed