Kamis, 10 Jan 2019 08:59 WIB

8 Mobil China Hasil Jiplak

Rizki Pratama - detikOto
1
Halaman 1 dari 9
Jiangling Landwind X7 Mirip Range Rover Evoque. Foto: Reuters Jiangling Landwind X7 Mirip Range Rover Evoque. Foto: Reuters
Jakarta - China menjadi negara yang sering menjiplak produk-produk yang sudah ada. Bahkan, mobil-mobil mewah pun dijiplak desainnya hingga sangat-sangat mirip. Namun, mobil jiplakan itu dibanderol lebih murah.

Para konsumen China mungkin 'tertipu' dengan mobil buatan dalam negeri mereka yang sebenarnya adalah hasil contekan ini. Tapi belum tentu ini bisa dilakukan di pasar Eropa dan Amerika.



Sekadar informasi, China mengeluarkan undang-undang untuk melindungi perusahaan pembuat mobil dalam negeri mereka yang membuat produsen mobil Eropa dan Amerika mustahil untuk membuktikan ke pengadilan China desain yang mereka patenkan dicuri. Oleh karena itu praktik meniru mobil yang dilakukan produsen mobil China ini akan berakhir dalam waktu dekat.

Laman Carbuzz mengarsipkan beberapa di antara mobil buatan China yang dengan mudah terlihat bahwa mobil tersebut adalah hasil contekan mobil lain yang sudah ada. Apa saja? Simak ulasan berikut. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed