Senin, 07 Jan 2019 17:24 WIB

Macet, Kecepatan Mobil di Jakarta Cuma 20 Kpj

Dina Rayanti - detikOto
Kemacetan di Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho Kemacetan di Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kemacetan di Jakarta membuat orang-orang harus bersabar dan berangkat lebih pagi. Akibat macet, kecepatan kendaraan pun berkurang sehingga waktu tempuh lebih panjang.

Seperti tercantum dalam data riset TomTom Traffic Index 7 Januari 2019 pukul 17.23 WIB, kecepatan kendaraan yang melintas di Jakarta 20 km/jam. Sedangkan paling optimal, kecepatan kendaraan yang bisa ditempuh hanya 23 km/jam.

Macet, Kecepatan Mobil di Jakarta Cuma 20 KpjFoto: TomTom



Bahan survei TomTom Traffic soal kemacetan di Jakarta tidak hanya jalan-jalan besar saja. Tercatat TomTom memberikan data real time dengan mengcover total 6.222 km.

Sebelumnya TomTom pernah merilis kalau Jakarta merupakan kota termacet ketiga setelah Mexico City dan Bangkok. Tak hanya itu, dalam data TomTom Traffic juga terungkap pada setiap hari Senin (07.00-08.00 WIB) kemacetan bertambah 68 persen.

Sedangkan pada Jumat pagi periode jam yang sama. Sementara pada sore tepatnya pada jam pulang kerja (17.00-18.00 WIB) hari paling macet adalah Kamis. Kemacetan pada hari Kamis di jam pulang kerja membuat pengemudi harus menempuh perjalanan lebih lama 98 persen dari yang semestinya.


Misalnya Otolovers biasa pulang ke rumah hanya butuh waktu satu jam alias 60 menit, namun karena macet maka waktu tempuh menjadi 118,8 menit.

Jika dirata-ratakan pengemudi di Jakarta perjalanannya terhambat 48 menit setiap harinya. Kalau dihitung pertahun, warga Jakarta butuh waktu total 184 jam.


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed