Ada Avanza 2019, Suzuki Siapkan Amunisi

Ruly Kurniawan - detikOto
Jumat, 04 Jan 2019 12:57 WIB
Suzuki. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pabrikan mobil raksasa asal Jepang Toyota dan Daihatsu bakal meluncurkan mobil MPV barunya. Berbagai bocoran desain Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun telah tersebar di sosial media. Dibandingkan model lama, wajah si kembar Avanza-Xenia model 2019 memang berubah.

Ini dilakukan Toyota-Daihatsu setelah terakhir mendandani MPV kembar pada 2015.


Sebagai salah satu pesaing, Suzuki enggan menanggapi banyak soal model baru Avanza-Xenia 2019.

PT Suzuki Indomobil Sales lewat Section Head Product Development divisi roda empatnya, Harold Donnel memprediksi persaingan mobil keluarga di tahun 2019 bakal makin ketat. Sebab paling tidak akan ada tiga mobil yang melakukan debutnya sampai pertengahan tahun yakni Avanza, Xenia, dan SUV Wuling Almaz.

"Semakin ketat so pasti sih. Nanti tunggu tanggal mainnya saja ya (dari Suzuki)," katanya kepada detikOto di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

"Setiap kompetisi positif pastinya baik untuk industri. Saya belum bisa komentar (terkait Avanza dan Xenia baru). Kita ingin lihat dahulu," lanjut Harold singkat.

Belum dibocorkan kejutan apa yang dimaksud, tapi melihat sepak terjangnya di sepanjang 2018 kemarin Suzuki Indonesia telah memperkenalkan beberapa produk baru. Diantaranya adalah All New Suzuki Ertiga, Ignis edisi spesial, Jimny baru, serta Swift Hybrid.


Beberapa waktu belakangan, dikabarkan Suzuki akan memperkenalkan varian mobil keluarga berjenis MPV lagi. Hal ini dilakukan dengan harapan mobil berlogo S tersebut tetap dilirik oleh peminatnya walau persaingan makin ketat.

"Tunggu saja," tutup Harold. (ruk/dry)