Kamis, 03 Jan 2019 07:33 WIB

Berita Terpopuler

Mobil Sejuta Umat Wajah Baru, Honda CR-V Menteri Agama Mogok

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Menteri Agama mogok. Foto: Screenshot Twitter Mobil Menteri Agama mogok. Foto: Screenshot Twitter
Jakarta - Memasuki awal tahun 2019 Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin membagikan cerita unik saat mobil Honda CRV yang ditumpangi mogok gara-gara aki mobilnya yang soak. Hal itu menjadi cerita yang menarik perhatian Otolovers di pembuka tahun 2019.

Ditambah lagi isu soal wajah baru mobil sejuta umat masih hangat diperbincangkan di kalangan pecinta otomotif. Otolovers yang ketinggalan, berikut rangkuman berita terpopuler sepanjang, Rabu (2/1/2019).

1. Honda CR-V Menteri Agama Mogok

Memasuki awal tahun 2019 Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin membagikan cerita unik saat mobil Honda CRV yang ditumpangi mogok gara-gara aki mobilnya yang soak.

Hal ini ia bagikan pada jejaring sosial media twitter dirinya @lukmansaifudin pada Selasa (1/1/2019) kemarin. Dalam video yang diunggahnya, Honda CRV berkelir hitam sedang didorong oleh lima orang petugas SPBU.

"Pagi di awal tahun baru yang berkesan sekali, datang lima petugas SPBU yang sukarela membantu mendorong mobilku yang mogok karena soak akinya," tulis Lukman dalam Twitternya.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan Honda CRV yang digunakannya sudah digunakan sejak lima tahun yang lalu, dan menggunakan transmisi matic. Alhasil, bila aki tidak lagi bekerja dengan baik, mobil tidak bisa dihidupkan kembali.

"Didorong hanya untuk dipinggirkan, agar tidak menggangu pengguna jalan lain," terang @lukmansaifudin.

Menteri Agama RI juga menuturkan mobil tersebut bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jumper aki. "Alhamdulillah sampai akhirnya mesin mobil bisa hidup lagi dengan jumper aki, dan aku ucapin terima kasih ke mereka, tak ada satupun yang mengenaliku," tambah @lukmansaifudin.

Sontak saja, video yang menarik perhatian warganet tersebut menjadi perbincangan, beberapa orang ada yang memperhatikan soal perawatan mobil dan memberi masukan kepada Menteri Agama RI soal kesehatan Aki.

"Kalau jarang dipakai, kunci manual saja pak, jangan dipakai remote yang membebani kerja Aki," tulis @baggiodswanto.

"Walau udah dijumper dan bisa nyala, aki harus sudah diganti pak, karena kalau sudah sempat abis gini udah nggak bertahan lama, daripada ngerepotin ntar pas parkir di luar, Selamat tahun baru pak," tulis @frenly74.

"Kalau aki mobil, musti diperiksa biasanya pemakaian sdh 60.000 atau maks 3 tahun, biasanya suka minta ganti. Atau kalau aki basah, kelupaan ngisi air aki," balas danny_ji.

2. Menanti Wajah Baru Mobil Sejuta Umat

Mobil sejuta umat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia disebut-sebut bakal memiliki wajah baru dalam waktu dekat. Meski begitu baik pihak Toyota maupun Daihatsu sama-sama kompak belum mau membuka suara terkait model baru Low MPV kembar tersebut.

Bocoran wajah baru pun didapat dari foto-foto yang beredar luas di sosial media. Avanza-Xenia kabarnya akan memiliki wajah baru di bagian depan. Avanza maupun Xenia baru akan terasa seperti SUV Rush-Terios.

Mengutip CNN Indonesia, detail lain pada mobil sejuta umat berwajah baru antara lain, monitor layar sentuh koneksi internet via kabel, tombol start-stop engine, spion lipat, shark vin, panel AC digital, dan pelapis jok baru. Khusus varian Veloz dikatakan desainnya mirip Voxy.

Stok lama Avanza sendiri sudah mulai menipis. Kalau perbulan Avanza bisa terjual sebanyak 6.000-7.000 unit saat ini hanya sekitar 2.000-3.000 unit.

"Stoknya sudah menipis," ujar seorang sumber detikOto di Toyota yang enggan disebutkan namanya.

Yang jelas jika bakal meluncur model baru, keduanya tidak akan menggunakan penggerak roda depan seperti halnya Low MPV pendatang baru Mitsubishi Xpander.

"Berdasarkan studi kami, orang Indonesia itu inginnya mobil keluarga (MPV) menggunakan roda penggerak belakang. Jadi kalau saya ditanya, bila Avanza keluar yang baru maka kita masih tetap bertahan dengan roda penggerak belakang," ungkap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

Avanza model terbaru ini juga sudah bisa dipesan. Dalam penelusuran detikOto ke diler-diler Toyota, bermodalkan Rp 5 juta sudah bisa memesan Avanza model terbaru. Soal harga Otolovers tak perlu khawatir. Pihak Toyota membeberkan harga Avanza kalau ada model barunya diusahakan tidak jauh berbeda dengan versi lama.




Simak juga video 'Saat Mobil Menag Mogok Jadi Bahan 'Candaan' Netizen':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com