Senin, 31 Des 2018 18:00 WIB

Avanza-Xpander di Luar Negeri, Mana yang Lebih Laris?

Dina Rayanti - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sepanjang tahun 2018, persaingan mobil yang cukup panas ada pada segmen Low MPV. Avanza yang biasanya tak tergeser di posisi puncak mobil terlaris se-Tanah Air, kini perlahan-lahan mulai terusik oleh sang pendatang baru.

Pendatang baru itu adalah Mitsubishi Xpander. Sebagai pendatang baru, Xpander memang cukup bisa menggoyang Avanza dari tempat teratas. Keduanya pun bergantian salip menyalip untuk berlomba menjadi mobil terlaris se-Indonesia.


Rupanya persaingan tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Di pasar luar negeri pun keduanya saling bersaing. Xpander yang baru memulai debutnya di pasar ekspor pada April 2018, cukup menorehkan raihan positif.

Terlihat selama tujuh bulan, Mitsubishi telah mengekspor 22.338 unit Xpander. Xpander tidak hanya laris di negara-negara tetangga saja melainkan juga ke Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, dan Bangladesh.

Secara jumlah, Avanza lebih banyak diekspor daripada Xpander. Total dari Januari hingga November 2018, sebanyak 32.536 unit Avanza dikirim dari Indonesia ke luar negeri. Negara-negara tetangga seperti Filipina, Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Singapura dan Malaysia masih memiliki selera yang sama dengan orang Indonesia. Itulah mengapa negara-negara ASEAN tersebut tercantum dalam data ekspor Avanza.


Tak ketinggalan di luar ASEAN ada Afrika Selatan, Bermuda, Mesin, Afrika Barat, Madagaskar, Pakistan, Srilanka, Arab Saudi, Peru, Bangladesh, Lebanon, Qatar, Kuwait, Oman, Yaman, Honduras, Guatemala, dan sederet negara lain yang juga menyukai Avanza buatan Indonesia.

Tonton juga Adu Irit Mobil Low MPV

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed