Jumat, 28 Des 2018 07:58 WIB

Tahun 2019, Mobil Rp 200 Juta ke Bawah Tetap Bakal Laris

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Mobil Terlaris di Indonesia. Foto: Rendi Herdiansyah Ilustrasi Mobil Terlaris di Indonesia. Foto: Rendi Herdiansyah
Jakarta - Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per November 2018, 55,1% penjualan dari total 1.063.464 unit mobil di Indonesia dikuasai oleh mobil penumpang berjenis MPV (multi purpose vehicle). Melihat tren tersebut Gaikindo sendiri memprediksi tahun depan angka tersebut tidak akan jauh berbeda.

"Kalau kita lihat tahun 2018 ini kan kebanyakan beli mobil yang harganya Rp 200 jutaan ke bawah, nah untuk mobil dengan harga segitu memang salah satunya adalah MPV ini masuk dengan kebutuhan pasar di Indonesia," ujar Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiharto saat dihubungi detikOto (27/12/2018).



Meski demikian, Jongkie tidak menampik keberadaan LCGC tetap akan membuntuti penjualan mobil MPV pada tahun 2019 mendatang. "LCGC juga lumayan tahun ini sampai 20 persen dari total penjualan kita 1,1 juta unit. Ya alasannya tentu masih sama karena harganya masih di bawah Rp 200 juta," tambah Jongkie.



Berdasarkan pernyataan Jongkie dapat dinilai bahwa faktor pembelian kendaraan oleh konsumen di Indonesia masih dikuasai dengan alasan ekonomis. Mengenai jenis kendaraan yang akan dipilih, Jongkie tak berkomentar banyak karena itu sangat tergantung dengan selera konsumen.

"Kalau dilihat yang utamanya masih harga ya, kalau masih di bawah 200 juta masih akan tetap stabil pasarnya, untuk pilihan jenisnya mau itu SUV kompak, MPV, atau lCGC itu kan kembali lagi ke konsumen," pungkas Jongkie. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed